NEWS : Inggris Siapkan Talenta Cybersecurity Remaja Milenial

Inggris Siapkan Talenta Cybersecurity Remaja Milenial

Inggris Siapkan Talenta Cybersecurity Remaja Milenial
Ilustrasi | Foto: Arsip Cyberthreat.id
Tenri Gobel Kamis, 20 Februari 2020 - 11:05 WIB

Cyberthreat.id – Untuk mendukung kalangan perempuan mau menggeluti dunia komputer, National Cyber Security Center (semacam Badan Siber dan Sandi Negara-nya Inggris) mengadakan pelatihan tentang keamanan siber.

Mereka secara khusus menggandeng Girlguiding South West England, organisasi yang mendukung emansipasi anak-anak perempuan, untuk belajar tentang kriptografi, analisis bahasa, penggunaan big data, keamanan internet, privasi data, dan forensik digital.

Dalam kursus itu, ratusan gadis remaja Inggris juga mendapatkan program “CyberFirst”. Tujuannya, ke depan mereka memiliki keterampilan dan bisa berkecimpung di industri keamanan siber.

Kegiatan khusus untuk gadis remaja berusia 12-18 tahun itu digelar di University of West England, demikian seperti dikutip dari Cisomag.com, Selasa (18 Februari 2020).


Berita Terkait:


Sekadar diketahui, “CyberFirst” termasuk program populer dari NCSC. Pada 8 Februari lalu, kompetisi CyberFirst Girls diadakan 18 tempat di seluruh Inggris. Ini tahun keempat kompetisi yang telah menarik minat lebih dari 12.000 gadus di lebih dari 520 sekolah di seluruh Inggris.

Acara tersebut, yang ditargetkan untuk anak perempuan berusia 12-13 tahun, mempertontonkan tim yang terdiri dari empat orang menghadapi serangkaian tantangan pemecah kode yang dibuat oleh NCSC dan pakar keamanan lainnya. Pemenang dari kontes lokal tahun ini akan maju ke grand final yang akan diadakan di Wales. Mereka akan berhadapan dalam tahapan lain untuk menjadi juara nasional.

NCSC mengatakan, saat ini kalangan perempuan kurang terwakili dalam angkatan kerja siber di Inggris. Oleh karena itulah, lembaganya konsen menangani masalah tersebut.


Berita Terkait:

Chris Ensor, Deputi Direktur untuk Keterampilan dan Pertumbuhan NCSC mengatakan, “Sangat menyenangkan melihat mereka mempelajari dunia cybersecurity. Ini memungkinkan mereka untuk melihat betapa berharganya karier di bidang ini. Kami akan terus mendukung dan mendorong generasi profesional siber Inggris berikutnya, melalui program CyberFirst kami yang terdepan di dunia," ujar dia.

Carole Pennington, Komisaris Utama Girlguiding South West England mengatakan, senang bisa bekerja sama dengan NCSC dalam kegiatan CyberFirst pertama tersebut.

“Bagian dari etos Girlguiding adalah bahwa perempuan dapat melakukan apa saja, dan acara seperti ini adalah kunci bagi anggota kami untuk dapat mencoba berbagai kegiatan dengan para ahli di bidangnya,” ujar Pennington.

“Kesadaran akan keamanan siber sangat penting bagi semua anggota kami, dan kami berharap bahwa lebih banyak anak perempuan akan memiliki kesempatan untuk mengambil bagian dalam hari-hari kegiatan seperti ini...”[]

Redaktur: Andi Nugroho


Standardisasi dan Validasi Teknologi