Politeknik Siber dan Sandi Negara Gandeng KOICA Selenggarakan Program Cyber Security Vocational Center

bssn.go.id

Cyberthreat.id - Direktur Politeknik Siber dan Sandi Negara, Tjahjo Kurniawan melakukan kick off meeting pembangunan Cyber Security Vocational Center (CSVC) tahun 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai unit di BSSN, yakni Deputi Bidang Strategi dan Kebijakan Keamanan Siber dan Sandi, Deputi Bidang Operasi Kemanan Siber dan Sandi, Biro Perencanaan dan Keuangan, Biro Umum, Inspektorat, Pusat Pengembangan SDM, Pusat Data dan Teknologi Informasi Komunikasi, dan Politeknik Siber dan Sandi Negara.

Selain itu juga dihadiri  tim PMC Capacity Development Project for Nurturing Cybersecurity Professionals in Indonesia yang telah ditunjuk oleh Korea International Cooperation Agency (KOICA) sebagai pelaksana proyek CSVC. Dalam hal ini, tim PMC dipimpin oleh Mr. Hwa-soo Kim selaku Project Manager.

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 3 (tiga) hari, pada tanggal 29-31 Januari 2024 bertempat di Aula Soemarkidjo Kampus Poltek SSN, Ciseeng, Bogor, Jawa Barat.

CSVC merupakan bentuk implementasi program kerja sama antara BSSN dan KOICA dalam rangka peningkatan skill SDM di bidang keamanan siber yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan dan kompetensi di bidang keamanan siber, memberikan kontribusi untuk mencapai tujuan nasional dari Revolusi Industri Keempat Indonesia dan transisi menuju ekonomi digital.

Program ini direalisasikan dalam bentuk pembangunan sarana dan prasarana laboratorium pendidikan serta pengembangan kurikulum.  Implementasi program CSVC ini dilaksanakan pada tahun 2024-2027.  

Program CSVC KOICA ini sejalan dengan tugas dan fungsi BSSN sebagai institusi pemerintah pemangku kepentingan dalam pengelolaan dan pengembangan kapasitas dan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang keamanan siber Indonesia. Lokus pembangunan CSVC bertempat di Kampus Politeknik Siber dan Sandi Negara.

Agenda penting yang akan dijalankan dalam kurun waktu 2024-2025, antara lain: penjadwalan dan perencanaan pembangunan gedung CSVC, perancangan kurikulum, pembangunan platform yang terintegrasi, dan pelatihan bagi para instruktur.

Modul yang dikembangkan dalam program CSVC mengadopsi CyberAegis Training Range yang terdiri dari beberapa pokok bahasan, meliputi: Experiential Range, Vulnerability Defense Range, Hacking Defense Range, dan Attack & Defense Range. Serta tersedia pula program training bagi pegawai BSSN yang memenuhi syarat sebagai instruktur CSVC.[]