Pesan Hinsa untuk Taruna Poltek SSN: Harus Siaga Menghadapi Ancaman Siber

bssn.go.id

Cyberthreat.id - Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian memberikan ceramah pada Jam Komandan Latsarmil dalam rangka Latihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil) Taruna Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN).

Pada Jam Komandan itu Hinsa didampingi oleh Komandan Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus). Ceramah berlangsung di Gedung Sudirman Pusdiklatpassus, Batujajar, Bandung, Senin (30/10/2023).

Hadir pada ceramah itu Direktur Poltek SSN, pejabat struktural Poltek SSN, guru militer serta pelatih pada Pusdiklatpassus, dan taruna-taruni Poltek SSN peserta Latsarmil.

Dalam pengarahannya, Hinsa Siburian menyampaikan beberapa poin diantaranya, harus siaga dalam menghadapi ancaman siber yang salah satunya serangan siber bersifat sosial.

“Serangan ini menyerang persona yakni melalui lapisan jaringan logika dengan menggunakan informasi yang telah direkayasa untuk mempengaruhi ide, pilihan, pendapat, emosi, tingkah laku, opini dan motivasi sehingga merubah cara pikir dan perilaku,” ujar Hinsa.

Hinsa menegaskan untuk berupaya menjaga diri dari serangan siber yang bersifat sosial. Saat ini banyak informasi hoaks yang sengaja dibuat untuk menciptakan keresahan sosial di masyarakat.

“Untuk itu kita harus mengamalkan nilai-nilai budaya dan agama, jangan lupa berdoa, yang paling utama yaitu dekat dengan Tuhan Yang Maha Kuasa,” ucap Hinsa.

Pada akhir arahannya, Hinsa mengharapkan kepada taruna/taruni untuk selalu menjaga kesehatan mental dan fisik.

“Mental kalian harus kuat, dan kesehatan harus terjaga dengan baik,” tegasnya.

Diakhir acara Hinsa Siburian mendapatkan kejutan ucapan ulang tahun dari seluruh pelatih dan taruna/taruni Poltek SSN dengan diiringi nyanyian selamat ulang tahun serta pemotongan tumpeng.[]