YouTube Bikin Fitur Pendidikan, Belajar Jadi Kian Mudah

Foto: tangkapan layar dari YouTube Learning/Cyberthreat.id

Cyberthreat.id - Tak selalu video-video yang diunggah di YouTube bersifat hiburan, ada pula yang mengandung edukasi.

Kini, YouTube memperkenalkan fitur khusus tentang dunia pendidikan yang disebut YouTube Learning. Fitur ini menampilkan halaman khusus video pendidikan dengan beragam tema, seperti matematika, sains, musik, dan bahasa," demikian seperti dikutip dari The Verge, Jumat (12 Juli 2019).

Daftar putar video itu dibuat mudah karena dibagi dalam beberapa judul bab yang bisa berisi 4-6 video. Misalnya, pendidikan kimia yang dibuat oleh CrashCourse. Materi videonya dibuat 1-17 bab yang berisi beberapa video masing-masing bab, dengan total 47 video.

Selain itu, ada juga belajar koding bersama The Coding Train yang menampilkan pelajaran JavaScript. The Coding Train telah mengunggah sebanyak 36 video.

"Halaman-halaman tersebut akan bebas dari video-video yang direkomendasikan (secara algoritma YouTube), sehingga pengunjung bisa fokus pada pelajaran dan tanpa adanya gangguan," tulis The Verge.

Sebelumnya, YouTube mendapat kecaman karena video rekomendasi yang digerakkan otomatis oleh algoritma terkadang mengarahkan pengunjung pada konten berbahaya dan tidak pantas secara etika.

Dalam fitur YouTube Learning, video-video tidak akan diputar ulang secara otomatis ketika selesai. "Platform tersebut dibuat denga menggandeng organisasi pendidikan untuk memperluas konten pendidikan dalam setahun terakhir," tulis The Verge.

Okobter 2018, YouTube sebelumnya mengumumkan bahwa mereka telah menginvestasikan uang sebesar US$ 20 juta yang khusus untuk program Dana Pembelajaran. Mereka memulai program itu dengan menggandeng Khan Academy dan TED-Ed.