Telkomsel Pastikan Keluhan Denny Siregar Ditangani Tuntas dan Terbuka

Telkomsel | Foto: katadata.co.id

Cyberthreat.id – Telkomsel, raksasa telekomunikasi Indonesia, menyatakan, masih menginvestigasi terkait dengan Denny Siregar, pegiat media sosial, yang mengeluhkan data pribadinya disebar oleh seseorang tak dikenal di Twitter.

Senior Vice President Corporate Secretary Telkomsel, Andi Agus Akbar, mengatakan, investigasi dilakukan atas arahan Kementerian Kominfo Republik Indonesia. Perusahaan juga telah melaporkan masalah itu kepada Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri pada 8 Juli 2020.

"Kami sangat menyayangkan ketidaknyamanan saudara Denny Siregar sebagai pelanggan atas keluhan yang disampaikan terkait adanya dugaan penyalahgunaan data pelanggan,” ujar dia dalam keterangan tertulis yang diterima Cyberthreat.id, Jumat (10 Juli 2020).

Sehubungan itu, kata Andi, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan perhatian serius dan memastikan “penanganan keluhan tersebut secara terbuka dan tuntas.”

Saat ini, Telkomsel mempercayakan sepenuhnya masalah itu kepada apraat untuk memproses secara hukum yang berlaku.


Berita Terkait:


“Telkomsel akan selalu patuh terhadap peraturan perundangan dan etika bisnis, yang mengacu pada standar teknis dan keamanan yang telah ditentukan bagi kepentingan penyelenggaraan jasa telekomunikasi komersial yang ditetapkan oleh lembaga standarisasi internasional maupun regulasi yang berlaku,” tutur Andi.

Telkomsel juga memastikan bahwa operasional perusahaan telah berjalan sesuai dengn standar sertifikasi ISO 27001, “di mana proses sertifikasi secara berkala ini dilakukan oleh lembaga internasional yang independen dan profesional,” ujar Andi.

Sebelumnya, Denny Siregar mengeluhkan informasi data pribadinya disebarkan di Twitter oleh pemilik akun Twitter (@opposite6891).

"Teman-teman dari kasus ini, ternyata kita baru tahu kalau data diri kita sangat rentan disadap. Contoh dari @opposite6891 ini. Begitu mudah dia dapat data tentang saya,” cuit Denny di akun Twitter-nya (@Dennysiregar7), Minggu (5 Juli 2020).

Pemilik akun @opposite6891 mengunggah sebuah tangkapan layar yang berisikan data-data pribadi Denny Siregar, seperti nama lengkap, alamat, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan nomor kartu keluarga.

Tak hanya itu, bahkan sistem operasi perangkat, operator telekomunikasi yang digunakan, serta nomor IMEI perangkat, juga dibeberkan oleh si pemilik akun.

Gara-gara masalah itu, Denny meminta pertanggungjawaban Telkomsel, operator dari kartu seluler yang dipakainya, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait kebocoran data tersebut.

Kini akun @opposite6891 tiba-tiba tak bisa diakses. Diakses pada Jumat (10 Juli 2020) dini hari, akun tersebut sudah kosong melompong."This account doesn't exist," begitu bunyi pesan yang muncul di layar.[]

Redaktur: Andi Nugroho