Kudo Duduki Peringkat Teratas Online Channel XL Axiata
Jakarta,Cyberthreat.id- Kudo, sebuah aplikasi digital untuk memajukan warung tradisional yang telah diakusisi oleh Grab, menempati posisi teratas untuk kategori penjualan pulsa dan paket data pada online channel XL-Axiata.
Sebagai salah satu online channel XL Axiata, Kudo mencatat penjualan yang signifikan. Selama semester satu 2019, Kudo menduduki peringkat pertama untuk penjualan pulsa di kategori online channel dengan kontribusi sebesar 24%, dan peringkat kedua untuk penjualan paket data setelah marketplace terbesar di Indonesia.
Pada periode tersebut, Kudo berhasil mengungguli lebih dari 20 online channel XL Axiata. Hal ini adalah bukti sukses bahwa Kudo adalah mitra terpercaya dan memiliki kualitas terbaik sebagai penyalur pulsa XL kepada pelanggan dari warung-warung Kudo.
“Dengan menggandeng Kudo sebagai channel distribusi XL Axiata, kami mampu menjangkau kebutuhan pulsa ke lebih banyak masyarakat. Terbukti pada semester satu 2019, Kudo menduduki peringkat teratas online channel untuk distribusi pulsa hingga ke daerah,” kata David Arcelus Oses, Chief Marketing Officer XL Axiata melalui siaran pers, Kamis, (8/8).
Didirikan sejak 2014, Kudo telah memberdayakan warung tradisional lewat teknologi dan membantu warung menjadi serba bisa. Mulai dari bisa berjualan apa saja seperti pulsa, pembayaran tagihan dan tiket perjalanan, bisa kirim dan setor uang, menawarkan berbagai layanan keuangan digital, membantu tetangga mendaftar jadi pengemudi Grab.
Dari berbagai produk dan layanan yang diberikan, pulsa menjadi salah satu produk dengan transaksi terbanyak di aplikasi Kudo.
Agung Nugroho, CEO & Co-Founder Kudo menuturkan, selama ini, jalur distribusi pulsa biasanya dilakukan melalui channel tradisional dan channel modern (e-banking, online commerce, dan modern retail). Melalui dua channel tersebut, masyarakat semakin dimudahkan untuk membeli pulsa hingga paket data.
Dari aplikasi Kudo sendiri menemukan nominal pembeliannya cukup beragam, dengan transaksi paling banyak untuk pulsa berkisar antara 5ribu hingga 25ribu. Walaupun nominalnya tergolong kecil, namun intensitas pembeliannya masihlah cukup tinggi melalui agen Kudo yaitu rata-rata 5-6 kali dalam satu bulan dari setiap pelanggannya.
“Kami melihat bahwa porsi konsumsi pulsa di era digital masih cukuplah besar, khususnya di daerah. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Kudo bermitra dengan XL Axiata, untuk memfasilitasi pembelian pulsa melalui agen Kudo yang tersebar di lebih dari 500 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia,” ujar Agung.
Agung menambahkan, dengan menduduki peringkat teratas sebagai online channel distribusi pulsa pada semester satu 2019, mempertegas kapabilitas Kudo sebagai mitra terpercaya dalam menyalurkan pulsa dari aplikasi digital kami ke warung kelontong sehingga bisa melayani pelanggannya hingga pelosok negeri.
“Kedepannya, kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada warung yang dimajukan dengan Kudo,” ungkap Agung.