Bank India: Keamanan Siber Faktor Penting untuk Kesuksesan Perbankan Digital
Cyberthreat.id - Keamanan siber sangat penting untuk keberhasilan perbankan digital dan bank harus menciptakan infrastruktur untuk memenangkan kepercayaan pelanggan untuk semua transaksi semacam itu, kata seorang pejabat senior State Bank of India (SBI) pada hari Rabu, (10 Maret 2021).
"Penting untuk memenangkan kepercayaan pelanggan dalam sistem apa pun. Ini adalah tujuan bank untuk menciptakan dan memenangkan kepercayaan pelanggan, sehingga semua transaksi dialihkan melalui bank seperti yang saat ini dilakukan oleh beberapa aplikasi pembayaran," kata kata Wakil Direktur Pelaksana dan Kepala Pejabat Digital SBI, Ravindra Pandey dalam sebuah webinar, seperti dilansir dari Your Story, Kamis (11 Maret 2021).
Pejabat itu mengatakan bahwa fintech telah membawa perubahan dalam pola pikir pelanggan dan ini adalah eranya perbankan digital dan teknologi finansial.
Perbankan digital telah membantu dalam meningkatkan hubungan pelanggan, keterlibatan, dan kepuasan, dan mengurangi biaya operasional, antara lain waktu siklus pemrosesan, tambahnya.
Perbankan digital berkembang dengan kecerdasan buatan dan model algoritma teknis yang membantu untuk mengetahui kemampuan pelanggan serta niat untuk membayar, bersama dengan peringkat kredit pelanggan.
Menurut pejabat itu, model operasi konvensional telah digantikan oleh saluran baru. Menurutnya, ada tiga area dalam fintech yang perlu saling terkait untuk membuatnya sukses - pembayaran dan pengiriman uang; kepatuhan perbaikan proses dan manajemen risiko; dan keterlibatan pelanggan.
Presiden Kamar Dagang dan Industri India, Sanjay Aggarwal, mengatakan industri perbankan bergerak menuju lingkungan yang lebih kolaboratif dan terbuka dengan fokus pada perlindungan data dan meminimalkan risiko sistemik.Perwakilan dari perusahaan fintech, NBFC, dan sektor keuangan lainnya juga berpartisipasi dalam webinar tersebut.[]