Menghapus Riwayat Pencarian di Peramban Microsoft Edge

Microsoft Edge | Foto: Microsoft

Cyberthreat.id – Jika Anda pengguna peramban web (web browser) Microsoft Edge dan ingin menghapus riwayat pencarian, Anda biasanya mencari fiturnya di menu.

Tapi, sekarang Anda tak perlu itu lagi. Anda bisa menghapus riwayat pencarian di Edge menggunakan pintasan (shortcut) di papan ketik alias keyboard.

Jika Anda sering membersihkan riwayat penjelajahan, pertimbangkan untuk melakukan lebih banyak penjelajahan di jendela InPrivate, yang merupakan mode penjelajahan pribadi yang tidak menyimpan riwayat penjelajahan Anda.

Atau Anda dapat mengonfigurasi Edge untuk selalu meluncurkan dalam mode InPrivate untuk tingkat privasi yang lebih dalam.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip dari How To Geek, diakses Jumat (4 Desember 2020):

Pertama, buka peramban Microsoft Edge. Untuk perangkat Windows 10, Anda bisa membukanya dengan tekan Ctrl+Shift+Delete, sedangkan untuk Mac: Command+Shift+Backspace (backspace sering disebut Delete).

Kedua, setelah menekan pintasan tadi, tab "Setelan" (Settings) akan terbuka, dan Anda akan melihat jendela "Hapus data penjelajahan" (Clear browsing data) di atasnya.

Ketiga, jika sedang terburu-buru, Anda dapat dengan cepat menekan tombol "Tab" beberapa kali hingga tombol "Bersihkan sekarang" (Clear now) disorot, lalu tekan "Enter."

Keempat, jika Anda tidak pernah menggunakan pintasan, inilah saat yang tepat untuk memilih aspek mana dari riwayat penjelajahan Anda yang ingin Anda hapus, termasuk "Rentang waktu" (Time range) yang catatannya akan dihapus. Edge akan mengingat pengaturan ini, jadi lain kali Anda menggunakan pintasan keyboard, Anda dapat menghapus riwayat Anda lebih cepat.

Kelima, saat Anda telah menentukan pilihan dan Anda siap untuk menghapus data penjelajahan, klik "Bersihkan sekarang".

Keenam, riwayat penjelajahan Anda akan dihapus sesuai dengan opsi yang Anda pilih. Setelah itu, tutup tab "Setelan" dan Anda dapat melanjutkan penjelajahan seperti biasa.

Selamat menjelajah!

--------------------------

Ikuti Honeynet Project Workshop - Peran Honeynet pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang akan digelar pada
Rabu 20 Januari 2021 pukul 09.30 -12.00 WITA.

--------------------------