Kunci Keamanan Perangkat Keras Kini Bisa Dipakai di Twitter

Twitter dan Security Key | Foto: Unsplash dan The Verge

Cyberthreat.id – Jejaring media sosial, Twitter, merilis pembaruan baru yang memungkinkan kunci keamanan (key security) perangkat keras digunakan untuk masuk (login) dari perangkat seluler.

Dengan keamanan tersebut artinya pengguna seluler memiliki tingkat perlindungan yang sama kuat ketika mereka masuk melalui komputer desktop dan laptop.

Kunci keamanan perangkat keras awalnya diluncurkan oleh Twitter pada 2018 dan memungkinkan pengguna desktop untuk menggunakan opsi otentikasi fisik.

Twitter mengatakan, setelah keputusan untuk mengadopsi protokol keamanan WebAuthn pada Mei  2019, kini Twitter menawarkan kunci keamanan perangkat keras kepada pengguna akun seluler.

Kunci perangkat keras menjadi semakin populer sebagai alat keamanan akhir-akhir ini karena hampir tidak mungkin untuk beberapa bentuk serangan dunia maya terjadi, demikian seperti dikutip dari TechRadar Pro, diakses Jumat (4 Desember 2020).

Terlebih lagi, otentikasi dua faktor (2FA), terutama yang menggunakan SMS atau panggilan suara, masih rentan diserang peretas.

Saat ini kunci keamanan perangkat keras juga lebih banyak tersedia dengan beberapa secara khusus ditujukan untuk perangkat seluler.

Twitter telah lama merekomendasikan agar akun terkenal, seperti jurnalis, politisi, dan pejabat pemerintah, menggunakan kunci keamanan untuk mencegah beberapa serangan yang lebih canggih.

Sejak peretasan besar pada medio Juli lalu, Twitter meluncurkan kunci keamanan perangkat keras yang diberikan kepada stafnya sendiri untuk mencegah terulangnya serangan siber, tulis TechCrunch.

Setelah serangan itu, Twitter mempekerjakan Rinki Sethi sebagai kepala petugas keamanan informasi baru, dan peretas terkenal Peiter Zatko, yang dikenal dengan julukan “Mudge”, sebagai kepala keamanan perusahaan.[]

--------------------------

Ikuti Honeynet Project Workshop - Peran Honeynet pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang akan digelar pada
Rabu 20 Januari 2021 pukul 09.30 -12.00 WITA.

--------------------------