Video Anies Baswedan Umumkan Positif Covid, Syafakallah Trending di Twitter dan Komentar Deny Siregar

Tangkapan layar akun Twitter Gubernur Anies Baswedan

Cyberthreat.id - Gubernur DKI Jakata Anies Baswedan mengumumkan dirinya positif Covid-19 setelah menjalani uji usap pada Senin, 30 November 2020. Pengumuman itu disampaikan lewat sebuah video di Youtube dan diteruskan ke sejumlah platform sosial media miliknya seperti Twitter hari ini.

Anies juga meminta orang-orang yang pernah berinteraksi dengan dirinya untuk memeriksakan diri dengan melakukan uji usap PCR.

"Bagi siapa pun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari ini silakan langsung ke Puskesmas terdekat untuk menjalani swab tes. Tentu tim tracing dari Dinkes juga akan mendata dan menghubungi kontak erat saya. Seluruh prosedur terkait akan dijalankan," kata Anies.

Anies mengatakan dirinya saat ini dalam kondisi baik dan tidak ada gejala. Namun begitu, berdasarkan hasil konsultasi dokter, Anies akan menjalani isolasi mandiri di rumah dinas. Sementara keluarganya tinggal di rumah pribadi.

Anies menambahkan, dirinya akan tetap bekerja dari rumah dinas secara virtual untuk memimpin rapat-rapat dinas.

Anies juga meminta masyakat mendoakan kesembuhannya.

Di Twitter, permintaan itu disambut netizen pendukung Anies dengan melambungkan ucapan 'syafakallah', istilah dalam bahasa Arab yang bermakna 'semoga Allah menyembuhkan secepatnya.

Pada pukul 11.32 siang ini, 'syafakallah' menempati urutan kedua trending topic di Twitter.

"Syafakallah Pak Anies, get well very soon and come back stronger!," tulis akun @frandriani.

"Syafakallah. Praying for speedy recovery, Pak," tambah akun @lisma327

"Syafakallah Pak Gub @aniesbaswedan, semoga cepat diangkat penyakitnya," kata pemilik akun @katzefaule.


Tangkapan layar pendukung Anies di Twitter berdoa untuk kesembuhannya, Selasa (1 Desember 2020)

Sementara aktivis media sosial Denny Siregar yang berlawanan secara politik dengan Anies mengunggah sebuah pemberitaan media yang mengabarkan Anies positif covid sembari memberi pengantar,"Gubernur positip. Wagub juga positip. Petamburan, rahasia."

Petamburan yang dimaksud Denny merujuk kepada pemimpin kelompok yang menamakan dirinya Front Pembela Islam (FPI) yaitu Mohammad Rizieq Shihab. Rizieq diketahui menolak mengungkap hasil uji usapnya. Saat Rizieq baru pulang dari Arab Saudi, Anies diketahui sempat mendatangi Rizieq Shibab di rumahnya.

Berikut adalah video Gubernur Anies Baswedan saat mengumumkan kondisinya yang diunggah di akun Youtube pribadinya.

_____________________

Ikuti Talkshow #CyberCorner Ekosistem Ruang Siber Indonesia, Seperti Apa? yang akan digelar pada 5 Desember 2020 pada pukul 10.00-12-00. Anda bisa mendaftarkan diri di sini: https://b1.jumpa.id/1735053/register

--------------------------

Ikuti Honeynet Project Workshop - Peran Honeynet pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang akan digelar pada
Rabu 20 Januari 2021 pukul 09.30 -12.00 WITA.

--------------------------