Mengontrol Izin Akses Aplikasi di Perangkat iOS

iPhone | Foto: Unsplash

Cyberthreat.id – Saat menginstal sebuah aplikasi, Anda diminta untuk mengizinkan beberapa akses di ponsel pintar Anda.

Misalnya, Anda ingin menggunakan aplikasi peta digital untuk menentukan lokasi secara tepat, maka Anda perlu mengizinkan aplikasi itu mengakses lokasi Anda. Hal ini dilakukan aplikasi agar mereka dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik.

Namun, ada beberapa aplikasi yang meminta akses yang sebenarnya tidak relevan dengan fungsi aplikasinya. Untuk itu, Anda perlu meninjau kembali akses aplikasi yang Anda pasang di ponsel agar sesuai dengan fungsi atau tujuan aplikasi itu.

Di perangkat iOS, Anda dapat mengontrol izin aplikasi yang diinstal. Cyberthreat.id mencobanya melalui iPhone 7+ dengan iOS 14:

Pertama, buka “Pengaturan” dari ponsel Anda, lalu klik “Privasi” untuk melihat semua izin yang tersedia di ponsel Anda

Kedua, nanti muncul berbagai izin yang seringkali diminta aplikasi, mulai dari Lokasi, Kontak, Kalender, Pengingat, Foto, Bluetooth, Jaringan Lokal, Mikrofon, Pengenalan Ucapan, Kamera, Kesehatan, Data Sensor & Penggunaan Riset, Home Kit, Media & Apple Music, File dan Folder, Gerakan & Kebugaran.

Ketiga, pilih entri apapun untuk melihat aplikasi-aplikasi apa saja yang diberikan izin atas pilihan-pilihan tersebut.



Keempat, nonaktifkan izin yang tidak diperlukan pada aplikasi yang tidak Anda percayai untuk mengakses izin itu. Selain foto dan lokasi, semua pilihan dapat dinonaktifkan secara cepat dengan menggeser tombol saklarnya agar itu jadi non aktif atau menolak izin.

Kelima, jika pilihan pada foto, maka ada 3 pilihan izinkan akses foto yakni “foto yang dipilih”, “semua foto”, dan “tidak ada”. Jika Anda ingin menonaktifkan agar aplikasi tidak mengakses foto Anda maka pilih “tidak ada”.

Keenam, jika pilihan lokasi, maka ada 3 pilihan izinkan akses lokasi yakni “Jangan Pernah”, “Minta Lain Kali”, “Saat App Aktif”. Pilih “Jangan Pernah” jika tidak ingin lokasi Anda dilacak oleh aplikasi tersebut.

Selain cara itu, Anda juga dapat langsung mencari aplikasi yang Anda ingin kontrol izin aplikasinya, sebagai berikut:

  • Buka "Pengaturan" dari ponsel Anda
  • Gulir ke bawah hingga menemukan nama-nama aplikasi yang terinstal, pilih salah satu aplikasi yang Anda ingin kontrol izin aplikasinya.
  • Nanti muncul berbagai izin aplikasi yang diminta aplikasi itu dan Anda dapat mengontrolnya dari situ. Bahkan, tak hanya mengontrol izin akses, Anda juga dapat mengatur apakah aplikasi tidak dapat menggunakan data seluler atau tidak sehingga Anda dapat menghemat paket data Anda.[]

Redaktur: Andi Nugroho


INFO:

--------------------------

Ikuti Honeynet Project Workshop - Peran Honeynet pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang akan digelar pada
Rabu 20 Januari 2021 pukul 09.30 -12.00 WITA.

--------------------------