Imbas Konflik AS-China, Apple Pindahkan Perakitan iPad dan MacBook ke Vietnam

Logo Apple | Foto: Unsplash

Cyberthreat.id – Foxconn, produsen komponen elektronik terbesar di dunia asal Taiwan, berencana memindahkan proses perakitan barang-barang elektroniknya dari China ke Vietnam.

Perakitan yang dipindahkan, terutama untuk iPad dan MacBook karena permintaan Apple Inc, sebut sumber Reuters, Kamis (26 November 2020). Sumber ini menyebut bahwa langkah itu dilakukan untuk meminimalkan dampak perang dagang antara AS dengan China.

Sejak konflik itu makin memanas, Foxconn memang telah mempertimbangkan untuk hengkang dari China ke sejumlah negara, seperti Vietnam, Meksiko, dan India.

Foxconn sedang membangun pabrik perakitan iPad dan MacBook di Provinsi Bac Giang, timur laut Vietnam, yang akan mulai terkoneksi online pada paruh pertama 2021, kata sumber yang menolak disebutkan namanya.

"Langkah itu diminta oleh Apple karena mereka ingin mendiversifikasi produksi setelah perang perdagangan," ujar sumber itu.

Ketika dimintai tanggapa tentang isu tersebut, Foxconn tak mau berkomentar banyak karena alasan sensitivitas perdagangan.

"Sebagai masalah kebijakan perusahaan, dan untuk alasan sensitivitas komersial, kami tidak mengomentari aspek apa pun dari pekerjaan kami untuk pelanggan atau produk mereka," tutur Foxconn.

Apple juga tidak menanggapi permintaan komentar.

Foxconn Taiwan, bagian dari Hon Hai Precision Industry Co Ltd, pada Selasa lalu mengumumkan investasi US$ 270 juta untuk mendirikan anak perusahaan baru bernama FuKang Technology Co Ltd–s ebuah langkah yang menurut sumber itu untuk mendukung ekspansi di Vietnam.

Di pabrik baru itu, perusahaan juga berencana membuat pesawat televisi untuk klien, seperti Sony Corp dari Jepang. Sony menolak berkomentar. Pabrik juga akan membuat produk elektronik lain, seperti keyboard komputer.

Ketua Foxconn Liu Young-way pada Agustus lalu mengatakan kepada investor bahwa perang perdagangan Sino-AS telah memecah dunia menjadi dua. Perusahaannya pun berupaya menyediakan "dua jalur pasokan".

Selain Foxcoon, perakit iPad lainnya, yaitu Compal Electronics Inc asal Taiwan dan BYD Electronic International Co Ltd asal China.[]

--------------------------

Ikuti Honeynet Project Workshop - Peran Honeynet pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang akan digelar pada
Rabu 20 Januari 2021 pukul 09.30 -12.00 WITA.

--------------------------