7 Fitur Baru yang Menarik di WhatsApp

WhatsApp | Foto: Pexels

Cyberthreat.idWhatsApp menjadi aplikasi olah pesan daring paling populer di Indonesia. Baru-baru ini, aplikasi milik Facebook Inc tersebut mengeluarkan sejumlah fitur baru.

Tak banyak yang mengetahui fitur-fitur tersebut jika pengguna tak memperbarui aplikasi versi terkini. Setidaknya ada lima fitur baru, apa saja itu?

Pertama, memeriksa pesan dibaca tanpa tanda centang biru

Jika Anda mematikan tanda baca di WhatsaApp, tanda centang biru tidak muncul sehingga sulit untuk mengetahui apakah orang tersebut telah membaca atau belum. Sebetulnya bisa Anda cek lewat “Message Info”, yaitu dengan menekan pesan yang dikirim lalu akan muncul pilihan “Delete message”, “Reply”, “Forward message”, dan “Message Info”. Ketuklah “Message Info” biasanya ditandai dengan titik tiga, dan Anda bisa melihat apakah pesan itu terbaca atau belum.

Cara lain: Anda bisa mengirimkan pesan suara. Pesan suara akan selalu tercentang biru jika telah terbaca meski pengguna telah menonaktifkan centang biru.

Kedua, mencari pesan penting

Jika seseorang mengirim pesan penting, tapi Anda lupa karena pesan itu telah “terkubur” oleh pesan-pesan dan berbagai obrolan lainnya. Anda tak perlu cemas. Jika memang pesan itu penting, lebih baik tandai pesan tersebut sebagai bintang, yang akan mempersingkat waktu berburu. Caranya menandai pesan bintang (star message), Anda bisa lakukan seperti langkah di poin pertama. Untuk mencari di kemudian hari, Anda tinggal mengetuk ikon tiga titik yang terletak di pojok kanan atas.

Sumber: enstinemuki.com


Ketiga, mencari file dokumen dan multimedia

Di versi terbaru, pengguna WhatsApp kini lebih mudah mencari semua file dokumen dan multimedia, seperti foto, video, audio, atau hanya Gif yang digunakan di WhatsApp. Buka saja aplikasi WhatsApp dan ketuk pada bilah pencarian. Di sini, Anda akan melihat opsi yang disebutkan. Setelah Anda memilih salah satu dari mereka, aplikasi akan menampilkan file yang sesuai.

Keempat, hapus file berukuran di atas 5 megabita (MB)

Jika Anda kehabisan ruang, cara terbaik adalah memeriksa file apa yang lebih besar dari 5MB dan kemudian segera menghapusnya. Anda hanya perlu masuk ke Settings>Storage and data>Manage storage. Anda akan melihat pilihan “Larger than 5 MB” yang disertai cuplikan gambar dan daftar pengirim yang paling besar mengirim pesan. Cara menghapus di sini lebih mudah dan cepat untuk mengosongkan ruang penyimpanan.


Kelima, cara baca pesan WhatsApp Web tanpa membuka obrolan

Jika Anda mendapat pesan di WhatsApp Web, cukup letakkan kursor mouse di chat tersebut, dan jangan dibuka. Nanti, ada pop-up yang menampilkan cuplikan pesan tersebut. Sayangnya, pesan yang ditampilkan tidak bisa penuh.

Keenam, bisukan notifikasi

Jika Anda merasa terganggu dengan notifikasi pesan masuk di WhatsApp, Anda bisa mengaturnya. Ada fitur mematikan fitur ini baik untuk chat pribadi maupun grup. Anda tinggal pilih chat pribadi atau grup mana yang ingin dibisukan notifikasinya. Tekan agak lama, lalu muncul pilihan di bagian atas layar. Pilih ikon “speaker” dan Anda diberi opsi pembisuan notifikasi selama “8 jam”, “1 minggu”, atau “selalu”.


Sumber: The Verge

Ketujuh, penghapusan pesan otomatis setelah tujuh hari

Fitur ini disebut dengan “Pesan sementara” (disappearing messages). Fitur ini baru-baru dirilis beberapa waktu lalu dan memungkinkan pengguna untuk menyetel penghapusan pesan secara otomatis setelah tujuh hari. Untuk mengaktifkan ini, Anda tinggal masuk ke info group atau kontak lawan bicara, gulir ke bawah dan cari “Pesan sementara”, lalu aktifkan.[]

Redaktur: Andi Nugroho

--------------------------

Ikuti Honeynet Project Workshop - Peran Honeynet pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang akan digelar pada
Rabu 20 Januari 2021 pukul 09.30 -12.00 WITA.

--------------------------