WhatsApp Siapkan Fitur ‘Read Later’ Pengganti ‘Archive Chat’, Apa Fungsinya?

WhatsApp | Foto: Pexels

Cyberthreat.id – Aplikasi olah pesan daring, WhatsApp, dikabarkan sedang mengembangkan fitur “Read Later” (Baca Nanti) sehingga pengguna tidak menunda membaca pesan yang masuk.

Fitur baru ini dibocorkan oleh WABetaInfo, situs web yang fokus dalam pengembangan WhatsApp. Fitur “Read Later” direncakan tersedia di versi Android dalam pembaruan mendatang; lebih dulu dibandingkan versi iOS.

Fitur “Read Later” akan menggantikan fitur “Archive Chats” atau (Arsip Chat) yang selama ini dipakai untuk mengarsipkan pesan.  Fitur ini akan ditampilkan paling atas di WhatsApp—tempat fitur “Arsip Chat” sebelumnya.

Berdasarkan tangkapan layar yang diberikan WABetaInfo, diakses Selasa (17 November 2020), ketika pengguna masuk ke bagian “Read Later” akan muncul tulisan yang memperjelas maksud dari fitur itu. Yaitu, berfungsi sama dengan fitur arsip: memungkinkan tidak adanya pemberitahuan baru dari obrolan yang diarsipkan.



Dengan kata lain, jika pengguna memindahkan obrolan ke fitur “Read Later”, obrolan akan tetap di situ dan pengguna tidak akan mendapatkan pemberitahuan apa pun. Berbeda dengan “Arsip Chat” yang masih memunculkan notifikasi dari obrolan yang diarsipkan.

Oleh karena itu, fitur tersebut akan berguna bagi pengguna yang tidak ingin mendapatkan notifikasi yang mengganggu.

Saat ini fitur itu masih dalam pengembangan dan belum diketahui jadwal perilisannya.[]

Redaktur: Andi Nugroho

--------------------------

Ikuti Honeynet Project Workshop - Peran Honeynet pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang akan digelar pada
Rabu 20 Januari 2021 pukul 09.30 -12.00 WITA.

--------------------------