HONEYNET : Cara Mengurungkan Pesan di Gmail yang Terkirim

Cara Mengurungkan Pesan di Gmail yang Terkirim

Cara Mengurungkan Pesan di Gmail yang Terkirim
Gmail | Foto: Unsplash
Tenri Gobel Minggu, 15 November 2020 - 18:10 WIB

Cyberthreat.id – Selama pandemi Covid-19, email menjadi teknologi yang dipakai banyak orang untuk mengirimkan tugas kantor, tugas kuliah/sekolah, dan informasi penting.

Namun, kadangkala jika terburu-buru mengirimkan email, pesan tersebut dikirimkan ke alamat yang salah. Ketimbang meminta maaf karena salah mengirimkan atau isi email tidak sesuai, Anda lebih baik mengurungkan pesan itu.

Google memungkinkan pengguna layanan Gmail untuk mengurungkan pesan yang baru mereka kirimkan. Fitur batalkan pengiriman ini bisa melalui aplikasi seluler atau desktop. Hanya, untuk mengaktifkan fitur itu tidak bisa melalui aplikasi seluler.

Lantas bagaimana caranya? Ini sama seperti fungsi urungkan pesan di aplikasi perpesanan WhatsApp, tapi Anda hanya diberi waktu terbatas beberapa detik saja untuk mengurungkan pesan itu.

Namun, itu lebih baik diaktifkan fiturnya daripada tidak sama sekali. Untuk mengaktifkan fitur ini agar Anda dapat menggunakannya, ikuti langkah berikut ini seperti dilansir dari Tech Advisor, diakses Minggu (15 November 2020):



  1. Buka akun Gmail kalian melalui komputer atau laptop Anda, karena fitur ini tidak bisa dilakukan melalui ponsel Anda.
  2. Klik ikon roda gigi di kanan atas dan pilih "Settings".
  3. Nanti muncul berbagai macam menu dan lihat pada tulisan "Undo Send”. Di samping tulisan itu ada tulisan "Send cancellation period”, pilih berapa lama waktu yang Anda ingin tetapkan untuk melakukan pembatalan pengiriman.
  4. Jika Anda ingin paling lama berarti pilih 30 detik. Jika Anda mengurungkan email yang Anda telah kirim, pilihan "Undo" akan tersedia selama 30 detik, lewat dari itu hilang dan email akan dikirimkan.
  5. Setelah memilih waktu berapa lamanya, gulir ke bawah dan klik "Save changes”. Selesai.

Anda dapat mencoba apakah fungsi ini sudah aktif atau tidaknya dengan mencoba mengirim email dan melihat tanda urungkan di bawah kiri.

Ketika Anda membuat pesan email di Gmail lewat komputer, lalu menekan tomobol “Send”, selanjutnya di layar akan muncul pilihan “Message Sent”, “Undo”, dan “View Message”.

Jika memencet “Undo”, Anda dibawa ke layar penulisan pesan, sehingga Anda bisa mengubah atau merevisi alamat email atau pesan email.

Sama halnya jika Anda mengirim email melalui aplikasi Gmail versi seluler, itu akan menampilkan pilihan "Undo" pada bawah layar.

Selamat mencoba.[]

Redaktur: Andi Nugroho

#gmail   #email   #spamming

Standardisasi dan Validasi Teknologi