Fitur Pesan Sementara di WhatsApp Sudah Tersedia untuk Indonesia, Begini Cara Pakainya

Ilustrasi WhatsApp

Cyberthreat.id - Setelah diperkenalkan beberapa waktu lalu, fitur "pesan sementara" di WhatsApp kini sudah bisa digunakan oleh penggunanya di Indonesia. Dengan fitur ini, percakapan dengan orang lain akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu 7 hari.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, pengguna harus memperbaharui WhatsApp ke versi terbaru yang tersedia di Google Play Store bagi pengguna Android, dan di App Store bagi pengguna iPhone.

"Dalam chat individual, masing-masing pihak dapat menyalakan atau mematikan fitur pesan sementara. Dalam chat grup, hanya admin yang memegang kendali untuk menyalakan dan mematikan fitur pesan sementara," ujar WhatsApp dalam keterangan resmi, Jumat (13 November 2020).

Namu begitu, WhatsApp menjelaskan, jika pesan sementara diteruskan ke chat yang tidak mengaktifkan fitur pesan sementara, pesan itu tidak akan hilang di chat yang dteruskan.

Sementara jika pengguna membuat cadangan sebelum pesan hilang, pesan sementara akan disertakan dalam cadangan tersebut. Pesan sementara akan dihapus ketika pengguna memulihkan dari cadangan.

Berikut adalah cara menggunakan fitur pesan sementara WhatsApp seperti diuji coba oleh Cyberthreat.id pada Jumat malam (13 November 2020).


1. Perbaharui WhatsApp ke versi terbaru jika tidak diperbaharui otomatis oleh ponsel Anda.

2. Buka WhatsApp, dan pilih salah satu orang/kontak yang ingin diajak berkomunikasi.

3. Buka profilnya dengan memilih "Lihat Kontak" dari menu titik tiga di sudut kanan atas bidang chat. Setelah profil dibuka, di sana ada menu "Pesan Sementara" yang disetel "mati" oleh sistem.

4. WhatsApp akan menampilkan penjelasan apa itu pesan sementara.

5. Ketuk di tulisan "pesan sementara", lalu pilih "Nyala."
5. Setelah dinyalakan, di bidang chat muncul tulisan "Anda telah menyalakan pesan sementara. Pesan baru akan hilang dari chat ini setelah 7 hari. Ketuk untuk mengubah setelan."



6. Di chat lawan bicara, WhatsApp akan menampilkan pemberitahuan "(nama lawan bicara) telah menyalakan pesan sementara. Pesan baru akan hilang dari chat ini setelah 7 hari. Ketuk untuk mengubah setelan.

7. Untuk mematikannya, cukup ketuk lagi di pesan pemberitahuan anda telah menyalakan pesan sementara. Pilih "Mati" dan WhatsApp akan memunculkan pemberitahuan bahwa "Anda telah mematikan pesan sementara. Ketuk untuk mengubah setelan."
 

Begitulah cara menggtunakan fitur pesan sementara di WhatsApp. Selamat mencoba.[]

 

--------------------------

Ikuti Honeynet Project Workshop - Peran Honeynet pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang akan digelar pada
Rabu 20 Januari 2021 pukul 09.30 -12.00 WITA.

--------------------------