HONEYNET : Cara Mengunci Profil Akun Netflix Anda

Cara Mengunci Profil Akun Netflix Anda

Cara Mengunci Profil Akun Netflix Anda
Netflix | Foto: freepik.com
Tenri Gobel Minggu, 25 Oktober 2020 - 10:23 WIB

Cyberthreat.id – Di kala pandemi seperti sekarang, hiburan melalui internet adalah satu-satunya paling diharapkan sejak bioskop juga lokasi wisata membatasi kunjungan.

Banyak aplikasi hiburan di toko aplikasi mulai dari game hingga layanan streaming video atau audio. Salah satu yang cukup populer adalah Netflix.

Penyedia layanan streaming film asal California, Amerika Serikat itu menyediakan berbagai film dan seri yang menarik. Namun, tayangan mereka tentu saja tak melewati sensor dari Lembaga Sensor Film, seperti film-film di bioskop.

Oleh karenanya, sebagai orangtua, Anda perlu hati-hati untuk memberikan akses anak-anak ke Netflix.

Satu akun pengguna bisa memiliki lima profil individu yang disesuaikan dengan kategori tontonan, bisa untuk anak dan orang dewasa.

Jika Anda menganggap profil tersebut sangat pribadi dan tidak ingin dibuka oleh orang lain, Anda bisa melindungi profil.

Bagi orangtua ini juga sangat berguna jika Anda memiliki anak yang menggunakan akun Anda. Anda dapat mengunci profil dewasa Anda dengan PIN, memastikan anak-anak hanya dapat menggunakan profil mereka sendiri.

Bagaimana cara Anda melindungi profil Anda dengan PIN? Berikut caranya seperti dilansir dari How To Geek, diakses Minggu (25 Oktober 2020):

  1. Kunjungi situs web Netflix di https://www.netflix.com/, klik ikon profil Anda di pojok kanan atas layar dan klik “Akun” untuk menemukan pengaturan akun Anda.
  2. Pilih “Profil & Kontrol Orang Tua”, klik panah di sebelah kanan profil yang ingin Anda batasi atau ingin lindungi dengan PIN.
  3. Klik tombol “Ubah” di sebelah kanan “Kunci Profil”. Jika belum ada PIN yang disetel, fitur ini akan menjadi “Nonaktif”
  4. Masukkan kata sandi akun Netflik Anda. Jika kamu membagikan akunmu dengan orang lain, siapa pun yang memiliki kata sandi Netflix bisa membuka halaman ini dan mengubah atau menghapus PIN.
  5. Centang kotak “Memerlukan PIN untuk mengakses profil [Nama]” dan masukkan kode sandi numerik empat digit.
  6. Anda juga dapat mengaktifkan “Minta PIN [Nama] untuk menambahkan profil baru”. Ini akan mencegah orang membuat profil baru di akun Netflix Anda kecuali mereka mengetahui PIN Anda.
  7. Klik tombol “Simpan” untuk mengaktifkan PIN pilihan Anda.    

Dengan mengaktifkan PIN, maka setiap kali ada individu memilih profil yang terkunci itu, ia harus memasukkan PIN.

Selain itu, sebenarnya ada fitur kontrol orangtua Netflix yang dapat Anda gunakan untuk memfilter konten menurut peringkat usia berdasarkan profil. Itu Anda bisa lakukan dengan klik tombol “Ubah” di samping “Batasan tampilan” di atas opsi “Kunci profil” untuk mengakses opsi itu. (Baca: Telkom Buka Blokir Netflix, Ini Cara Orangtua Kontrol Agar Anak Tak Salah Tontonan)

Selamat mencoba![]

Redaktur: Andi Nugroho


Standardisasi dan Validasi Teknologi