HONEYNET : Cara Rehat Sejenak dari WhatsApp Tanpa Hapus Aplikasi

Cara Rehat Sejenak dari WhatsApp Tanpa Hapus Aplikasi

Cara Rehat Sejenak dari WhatsApp Tanpa Hapus Aplikasi
Ilustrasi
Oktarina Paramitha Sandy Sabtu, 24 Oktober 2020 - 17:38 WIB

Cyberthreat.id - Sebagai pengguna media sosial, tentu kita pernah merasa jenuh dan ingin rehat sejenak dengan melakukan detox sosial media.

Untuk mengurangi penggunaan sosial media seperti Twitter, Facebook, dan Instagram, pengguna bisa menonaktifkan akunnya sementara waktu, atau hanya sekedar log out dari aplikasi saja tanpa perlu menghapus aplikasi.

Namun, hal itu berbeda dengan WhatsApp, karena pengguna tidak bisa sekadar log out, melainkan harus menghapus aplikasinya di ponsel.

Dikutip dari Gagdets Now, berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk "menonaktifkan" WhatsApp sementara waktu tanpa perlu menghapusnya.

1. Melakukan Force Stop pada WhatsApp
Untuk mencegah WhatsApp berjalan di latar belakang (tetap bekerja meski aplikasinya tidak dibuka), pengguna cukup masuk ke menu pengaturan (setting) ponsel. Kemudian buka menu 'Aplikasi', lalu pilih 'WhatsApp'.

Cari opsi "Force Stop" atau 'Paksa Berhenti'. Klik di opsi itu untuk menghentikan aktivitas WhatsApp. Disarankan untuk menonaktifkan "background data" serta mencabut semua izin aplikasi untuk WhatsApp.

Untuk informasi, jika pengguna melakukan 'Force Stop' pada WhatsApp, maka pengirim pesan hanya bisa melihat keterangan pesan terkirim atau tanda centang satu pada pesan yang dikirimkan.

Dengan memilih opsi ini, pengguna bisa menghentikan kinerja Whatsapp tanpa harus menghapus aplikasinya. Pengguna baru akan menerima pesan ketika ia membuka aplikasi WhatsApp.

2. Menonaktifkan Nada Dering WhatsApp
Cara lain yang bisa dilakukan untuk beristirahat sejenak dari WhatsApp adalah dengan mematikan nada dering WhatsApp untuk mengabaikan pesan yang masuk ke ponsel.

Untuk menonaktifkan nada dering Whatsapp, pengguna bisa menggunakan menu pengaturan yang ada di aplikasi. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi Whatsapp kemudian pilih menu titik tiga vertikal di bagian kanan atas. Kemudian pilih opsi Notifikasi.

Setelah itu pengguna akan melihat halaman baru yang terdiri dari opsi nada percakapan, nada notifikasi pesan, nada notifikasi grup, hingga nada notifikasi untuk panggilan. Pengguna bisa mengubah semua nada tersebut menjadi "Silent".  

3. Menonaktifkan notifikasi Pop-up
Untuk pengguna Android yang memiliki fitur notifikasi pop-up, dapat menonaktifkan fitur ini untuk mengabaikan WhatsApp, Caranya, buka menu pengaturan pada ponsel, kemudian pilih menu "aplikasi" dan buka opsi "daftar aplikasi".

Kemudian, pengguna akan melihat daftar aplikasi yang telah diinstal di ponsel. Pilihlah aplikasi WhatsApp. Ketuk pemberitahuan dan nonaktifkan semua pemberitahuan WhatsApp, disarankan pengguna juga menonaktifkan getaran dan pop-up pesan.

4. Menonaktifkan lampu notifikasi
Untuk menonaktifkan lampu notifikasi, pengguna cukup membuka aplikasi WhatsApp, kemudian buka menu pengaturan, dan pilih opsi pemberitahuan atau notifikasi.

Kemudian pilih opsi "light" dan pilih opsi "tidak ada". Dengan melakukan cara ini, pengguna akan terus mendapatkan pesan WhatsApp di latar belakang, tetapi tidak akan pernah mendapatkan lampu notifikasi.[]

Editor: Yuswardi A. Suud

-------------------------------

Ikuti Talkshow #CyberCorner Ekosistem Ruang Siber Indonesia, Seperti Apa? yang akan digelar pada 5 Desember 2020 pada pukul 10.00 - 12.00. Anda bisa mendaftarkan diri di : https://b1.jumpa.id/1735053/register

-------------------------------


Standardisasi dan Validasi Teknologi