NEWS : Cek dan Laporkan Rekening atau Nomor Telepon Penipu Online di Dua Situs Ini

Cek dan Laporkan Rekening atau Nomor Telepon Penipu Online di Dua Situs Ini

Cek dan Laporkan Rekening atau Nomor Telepon Penipu Online di Dua Situs Ini
Ilustrasi via NPR
Oktarina Paramitha Sandy Sabtu, 17 Oktober 2020 - 14:40 WIB

Cyberthreat.id - Kasus-kasus penipuan di dunia maya masih marak terjadi. Termasuk saat berbelanja online. Dalam sejumlah kasus, seseorang yang menawarkan barang lewat Instagram atau Facebook, tidak mengirimkan barangnya walau pun uangnya telah dikirim oleh pembeli.

Untuk menghindari menjadi korban penipuan semacam itu, Ketua Indonesia Cyber Security Forum, Ardi Sutedja, menyarankan kepada masyarakat yang berbelanja secara online, khususnya yang tidak melalui platform ecommerce atau  marketplace, seperti Instagram atau facebook, untuk terlebih dahulu mengecek rekening penjual melalui beberapa situs web yang sudah tersedia.

"Sebaiknya sebelum melakukan tranfer cek dulu rekening penjual melalui situs web yang menyediakan pengecekan rekening penipu berdasarkan laporan dari masyarakat. Jadi sudah ada databasenya," kata Ardi kepada Cyberthreat.id, Sabtu (17 Oktober 2020).

Ardi menambahkan, alangkah lebih baik jika selalu melakukan langkah pencegahan sebelum menjadi korban penipuan melalui pengecekan rekening yang sangat mudah dan gratis.

"Paling tidak, ada referensi sebelum kita terperangkap," kata Ardi.

Berikut ini dua situs yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan rekening penipuan sebelum berbelanja online.

1. CekRekening.id

Cekrekening.id merupakan situs resmi miliki Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang merangkum rekening yang terkait tindak pidana seperti penipuan. Di situs ini masyarakat bisa mengecek apakah sebuah rekening terindikasi penipuan atau tidak.

Situs ini mendapatkan daftar rekening yang terindikasi penipu dari masyarakat yang turut melaporkan. Rekening yang dilaporkan di situs ini di antaranya adalah rekening penipuan, investasi palsu, narkoba, terorisme, dan kejahatan lainnya.

Pelaporan rekening ke situs ini bisa dilakukan secara online melalui aplikasi atau website dan bisa juga secara offline dengan datang langsung ke call center Kominfo dengan membawa salinan bukti dugaan tindak pidana.

Untuk melakukan pengecekan, masyarakat bisa langsung membuka situs cekrekening.id. Pada kolom yang tertera, pilih bank dan masukkan nomor rekening, centang kolom captcha dan klik periksa rekening. Jika rekening terindikasi penipuan, situs ini akan menampilkan bahwa nomor rekening tersebut pernah dilaporkan karena penipuan. Jika sudah masuk dalam daftar penipuan, jangan lanjutkan transaksi.

Jika sudah menjadi korban penipuan, masyarakat juga bisa melaporkan nomor rekening yang telah menipu. Caranya klikcekrekening.id/lapor dan masukkan nama bank, rekening, nama pemiliki rekening, kategori transaksi, jumlah kerugian, media transaksi, dan kronologi penipuan. Saat melakukan pelaporan, masyarakat perlu melampirkan bukti penipuan seperti bukti transfer, tangkapan layar percakapan transaksi, dan bukti pendukung lainnya.

2. Kredibel.co.id
Kredibel.co.id merupakan salah satu situs yang dapat mengidentifikasikan kredibilitas sebuah nomor rekening. Sama seperti cekrekening.id, situs ini memiliki database rekening-rekening yang terindikasi tindak penipuan. Situs ini menampilkan rekam jejak sebuah nomor rekening berdasarkan laporan dan dan ulasan masyarakat.

Tidak hanya mengecek kredibilitas rekening, masyarakat juga bisa mengecek kredibilitas sebuah nomor telepon. Nomor telepon juga kerap menjadi sarana penipuan online. Situs ini juga memiliki layanan pelaporan rekening dan nomor telepon, ulasan bisnis, dan forum diskusi terkain bisnis dan jual beli online.

Setelah masuk ke kredibel.co.id, masyarakat diwajibkan untuk login terlebih dahulu. Login bisa menggunakan email, akun Google, atau Facebook. Setelah login, bisa langsung memasukkan nomor rekening yang ingin dicek kredibilitasnya. Setelah memasukkan nomor rekening, klik check.

Tampilan situs kemudian akan menampilkan profil rekening yang dimasukkan. Jika rekening terindikasi penipu, situs akan memberi pop-up peringatan seperti sudah berapa kali rekening itu dilaporkan. Jika terindikasi penipuan, rekening akan mendapat status blacklist.

Untuk mengecek kredibilitas nomor telepon. Caranya sama, cukup buka www.kredibel.co.id/search/phone lalu masukkan nomor telepon yang ingin dicek. Klik check dan situs akan menampilkan kredibilitas nomor tersebut. Jika tidak terindikasi penipuan, situs akan menampilkan keterangan bahwa nomor tidak memiliki rekam jejak apapun. Jika terindikasi penipuan, situs akan memberi data yang serupa dengan cara cek rekening sebelumnya.

Untuk melaporkan sebuah rekening atau nomor telepon yang terindikasi penipuan, masyarakat bisa masuk ke kredibel.co.id/report/account lalu masukkan identitas pelapor, rekening penipu, nama bank, kontak penipu, peristiwa yang dilaporkan, kerugian, dan unggah bukti penipuan.[]

Editor: Yuswardi A. Suud


Standardisasi dan Validasi Teknologi