HONEYNET : Cara Cek dan Hapus Aplikasi Pihak Ketiga yang Terkoneksi dengan Akun Twitter Anda

Cara Cek dan Hapus Aplikasi Pihak Ketiga yang Terkoneksi dengan Akun Twitter Anda

Cara Cek dan Hapus Aplikasi Pihak Ketiga yang Terkoneksi dengan Akun Twitter Anda
Twitter | Foto: Unsplash
Tenri Gobel Senin, 12 Oktober 2020 - 17:11 WIB

Cyberthreat.id – Jika Anda pernah menggunakan sebuah aplikasi tertentu, lalu meminta Anda masuk (login) dengan akun Twitter, sebaiknya Anda berhati-hati saja.

Memang tidak semua aplikasi seperti itu divonis berbahaya, tapi kehati-hatian dalam memakainya patut diutamakan.

Seperti yang sedang ramai di Twitter kemarin terkait dengan "nilai Twitter saya".

Untuk mengetahui nilai akun Twitter, pengguna diarahkan untuk mengakses sebuah aplikasi pihak ketiga; syaratnya: tentu login terlebih dulu via akun Twitter yang dimiliki. (Baca: Warganet Ramai Cuitan 'Nilai Twitter Saya', Lebih Baik Abaikan Aplikasi Tak Jelas, Pakar: Berisiko Tinggi!)

Twitter Indonesia melalui akun resminya @TwitterID menghimbau pengguna berhati-hati dalam memberikan izin aplikasi pihak ketiga.

“Hati-hati dengan aplikasi pihak ketiga yang meminta akses ke akun media sosial kamu,” tulis @TwitterID, Minggu (11 Oktober 2020).

Twitter memang memberikan aplikasi pihak ketiga yang dibuat oleh pengembang eksternal bisa diakses via akun Twitter pengguna. Catat: akses itu atas dasar izin yang diberikan oleh pengguna.

Twitter memberikan catatan agar pengguna harus berhati-hati sebelum memberikan akses pada aplikasi ketiga mana pun.

Perusahaan microblogging itu juga menyarankan secara teratur meninjau aplikasi pihak ketiga yang memiliki akses ke akun pengguna.

Bagaimana cara melihat aplikasi pihak ketiga yang terhubung dengan akun Twitter Anda?

Berikut cara melihat dan menghapus aplikasi pihak ketiga yang terhubung di akun Twitter Anda, seperti dilansir dari situs web resmi Twitter, diakses Senin (12 Oktober 2020):

Melalui aplikasi mobile Twitter (iOS dan Android):

  1. Buka aplikasi Twitter dan masuk ke akun Anda.
  2. Klik foto profil Anda di kiri atas aplikasi dan akan muncul berbagai menu, pilih “Pengaturan dan Privasi”.
  3. Setelah itu, akan muncul halaman “Pengaturan dan Privasi”, pilih “Akun”. Itu akan menampilkan berbagai informasi seperti info masuk dan keamanan serta data dan izin.
  4. Kemudian, masih di halaman itu pilih “Aplikasi dan Sesi” di atas pilihan “Nonaktifkan akun Anda” yang berada paling bawah di halaman itu.
  5. Ketika mengklik “Aplikasi dan Sesi”, Anda akan diarahkan ke halaman “Aplikasi dan Sesi” yang berisikan daftar berbagai aplikasi pihak ketiga yang pernah diizinkan mengakses akun Twitter Anda serta sesi masuk ke akun Anda.
  6. Di halaman itu, Anda bahkan juga dapat melihat izin tertentu yang dimiliki oleh tiap aplikasi untuk menggunakan akun, yang tercantum di bawah nama dan deskripsi aplikasi.
  7. Jika Anda ingin memutuskan atau mencabut akses salah satu aplikasi dari akun Anda, klik nama aplikasi itu dan klik tombol “Cabut akses” di bagian bawah halaman.

Melalui desktop

  • kunjungi situs web resmi Twitter.com
  • Masuk ke akun Twitter Anda
  • Klik ikon titik tiga di sidebar kiri, dan pilih “Pengaturan dan Privasi”.
  • Setelah sampai di halaman “Pengaturan”, klik “Akun”. Itu akan menampilkan berbagai informasi seperti info masuk dan keamanan serta data dan izin. Kemudian, masih di halaman itu pilih “Aplikasi dan Sesi” di atas pilihan “Nonaktifkan akun Anda” yang berada paling bawah di halaman itu.
  • Halaman “Aplikasi dan Sesi” akan memunculkan daftar berbagai aplikasi pihak ketiga yang pernah diizinkan mengakses akun Twitter Anda. Anda bahkan juga dapat melihat izin tertentu yang dimiliki oleh tiap aplikasi untuk menggunakan akun, yang tercantum di bawah nama dan deskripsi aplikasi.
  • Jika Anda ingin memutuskan atau mencabut akses aplikasi dari akun Anda, klik tombol “Cabut akses” di bagian bawah halaman setelah mengklik nama aplikasi yang ingin dicabut aksesnya.
  • Twitter mengatakan jika Anda menduga aplikasi berbahaya masih terhubung dengan akun Anda, selain mencabut aksesnya di bagian "Aplikasi dan Sesi" pada pengaturan akun Anda, ada baiknya juga mengubah kata sandi.[]

Redaktur: Andi Nugroho


Standardisasi dan Validasi Teknologi