HONEYNET : Sering Dapat Komentar Aneh di Instagram? Ini Cara Mengontrolnya!

Sering Dapat Komentar Aneh di Instagram? Ini Cara Mengontrolnya!

Sering Dapat Komentar Aneh di Instagram? Ini Cara Mengontrolnya!
Instagram | Foto: Unsplash
Farhana Sabrina Kamis, 01 Oktober 2020 - 12:43 WIB

Cyberthreat.id – Salah satu kunci untuk menjangkau audiens yang lebih luas di Instagram adalah mengatur profil akun Anda dalam status bisa diakses publik, bukan privat.

Namun, hal itu bisa menyebabkan kolom komentar di  unggahan Anda terkena spam. Oleh karenanya, jika masih ingin tetap terjangkau publik,  Anda bisa mengatur kolom komentar.

Berikut cara mengaktifkannya, seperti dikutip dari How To Geek yang diakses pada Kamis (1 Oktober 2020).

  • Buka aplikasi Instagram di iPhone atau perangkat Android Anda. Buka tab profil Anda dengan ketuk gambar profil Anda di sudut kanan bawah.
  • Buka menu samping dengan mengetuk tombol tiga garis di pojok kanan atas dan kemudian buka Pengaturan>Privasi.
  • Masuk ke menu "Komentar".
  • Opsi pertama adalah "Izinkan Komentar Dari" yang memungkinkan Anda membatasi kelompok mana yang dapat memberikan komentar pada foto dan video Anda.

  • Secara default, jika Anda memiliki profil yang dapat dilihat publik, setelan ini dikonfigurasi ke "Semua Orang". Anda dapat mengubahnya untuk menerima komentar hanya dari orang yang Anda ikuti, pengikut Anda, atau keduanya.
  • Atau, Anda dapat memblokir orang lain yang mengomentari unggahan Anda. Untuk melakukan itu, ketuk "Blokir Komentar Dari" di pengaturan "Komentar".
  • Pada bagian teks di bagian atas layar, cari nama pengguna Instagram orang tersebut, dan ketika mereka muncul di hasil, tekan tombol "Blokir" yang berwarna biru. Anda dapat menambahkan profil Instagram ke daftar ini sebanyak yang Anda inginkan.
  • Jika Anda ingin membatalkan keputusan ini, cukup kembali ke halaman ini dan ketuk tombol "Buka Blokir" di samping pengguna yang ingin Anda batalkan pemblokirannya untuk berkomentar.

“Perlu dicatat bahwa Instagram tidak akan memberitahu orang yang telah Anda blokir. Mereka tetap dapat memberikan komentar baru pada unggahan Anda, tapi komentar ini tidak akan terlihat oleh siapa pun, kecuali mereka sendiri,” tulis How To Geek.

Pembatasan komentar

Jika Anda masih ingin membaca komentar pengguna yang diblokir ini, Anda dapat memanfaatkan fitur pembatasan Instagram.

Saat Anda membatasi komentar seseorang di Instagram, komentar mereka akan terlihat oleh Anda dan orang itu sendiri.

Namun, Instagram menyembunyikannya secara default, dan menampilkan komentar dari pengguna sebagai "Komentar Terbatas".

Anda dapat membacanya dengan mengetuk opsi "Lihat Komentar" atau menghapus sepenuhnya dengan tombol "Hapus" di sebelahnya.

Untuk membatasi akun Instagram, kunjungi profil orang tersebut lalu ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas. Pilih "Batasi" dari daftar yang ada.

Jika ada seseorang yang masih mengganggu Anda di Instagram, Anda dapat memblokir pengguna tersebut sebagai tindakan terakhir atau beralih ke profil pribadi.[]

Redaktur: Andi Nugroho


Standardisasi dan Validasi Teknologi