HONEYNET : Cara Menonaktifkan Privat Wi-Fi Address di iPhone dan iPad

Cara Menonaktifkan Privat Wi-Fi Address di iPhone dan iPad

Cara Menonaktifkan Privat Wi-Fi Address di iPhone dan iPad
Ilustrasi | Foto: Unsplash
Farhana Sabrina Senin, 28 September 2020 - 16:00 WIB

Cyberthreat.id – Pertengahan September lalu, Apple meluncurkan iOS 14 untuk perangkat iPhone dan iPad. Banyak perubahan dalam sistem iOS kali ini yang diklaim lebih ketat dalam keamanan dan privasi. (Baca: Lima Fitur Keamanan dan Privasi di iOS 14)

Apple juga mengubah pengaturan dalam koneksi perangkat ke jaringan nirkabel alias wi-fi untuk keamanan dan privasi pengguna. Sayangnya, fitur ini terkadang juga menimbulkan masalah, tapi Anda bisa mengatasinya dengan cara berikut ini, seperti dikutip dari How To Geek, diakses Senin (28 September 2020).

Alamat wi-fi pribadi

Saat iPhone, iPad, atau perangkat berkemampuan w-fi lainnya terhubung ke jaringan nirkabel, perangkat mengirimkan alamat kontrol akses media (MAC) yang unik. Ini mengidentifikasi perangkat ke jaringan.

Secara tradisional, alamat MAC ditetapkan pada tingkat perangkat keras. Setiap jaringan yang disambungkan menerima alamat MAC yang sama dari perangkat Anda.

Memang, Anda dapat mengubah alamat MAC secara manual di beberapa perangkat, tetapi hanya sedikit orang yang melakukannya. Padahal, sangat mudah untuk melihat bagaimana fitur tersebut dapat mengarah pada pelacakan.

Sederhananya, jika Anda bergerak di sekitar kota yang terhubung ke titik akses wi-fi publik yang berbeda di kedai kopi, bandara, dan perpustakaan, perangkat Anda akan menggunakan alamat MAC yang sama untuk terhubung ke masing-masing, memungkinkan organisasi yang mengoperasikan hotspot wi-fi untuk melacak pergerakan lokasi Anda dan aktivitas jaringan dari waktu ke waktu.

Di iOS 14, Apple menerapkan fitur “alamat wi-fi pribadi” (private wi-fi address). Perangkat Apple sekarang akan memberikan alamat MAC yang berbeda untuk setiap jaringan wi-fi yang disambungkan.

Setiap jaringan wi-fi yang disambungkan menerima alamat MAC yang berbeda dari perangkat.

Cara nonaktifkan

Alamat wi-fi pribadi diaktifkan secara default dan dalam beberapa kasus, ini menyebabkan masalah pada jaringan tertentu.

Misalnya, seseorang mungkin telah menyiapkan jaringan wi-fi untuk menggunakan pemfilteran alamat MAC, hanya mengizinkan perangkat tertentu untuk terhubung.

Jika Anda pernah mengalami masalah saat menyambungkan atau mengakses internet di jaringan wi-fi, menonaktifkan opsi ini adalah solusi masalah.

Cara menonaktifkannya:

  • Opsi "Private Address" dikontrol secara terpisah untuk setiap jaringan wi-fi. Tidak disarankan menonaktifkannya untuk jaringan, kecuali Anda perlu melakukannya (atau sedang memecahkan masalah.)
  • Untuk menemukan opsi ini, buka Pengaturan> Wi-Fi di iPhone atau iPad Anda.
  • Temukan jaringan wi-fi yang ingin Anda ubah opsi ini. Ketuk ikon "i" di sisi kanan nama jaringan wi-fi.
  • Nonaktifkan opsi "Private Address” dengan mengetuk sakelar di sebelah kanannya.
  • Opsi "Private Address" di sini menunjukkan kepada Anda alamat MAC pribadi yang digunakan pada jaringan tertentu, jika Anda membutuhkannya — untuk mengonfigurasi sesuatu di router, misalnya.
  • Anda akan diminta untuk bergabung kembali ke jaringan jika Anda sudah terhubung. Ketuk "Rejoin" dan iPhone atau iPad Anda akan bergabung kembali dengan alamat MAC normalnya.
  • Di Apple Watch, prosesnya sama — buka Pengaturan> Wi-Fi, ketuk nama jaringan tempat Anda bergabung (atau geser ke kiri pada jaringan dan ketuk tombol "..." jika Anda belum terhubung ke sana), dan nonaktifkan penggeser "Private Address".[]

Redaktur: Andi Nugroho


Standardisasi dan Validasi Teknologi