NEWS : Lawan Apple, Pengembang Epic Games dan Spotify Cs Bentuk Koalisi Baru

Lawan Apple, Pengembang Epic Games dan Spotify Cs Bentuk Koalisi Baru

Lawan Apple, Pengembang Epic Games dan Spotify Cs Bentuk Koalisi Baru
Tampilan situs resmi koalisi melawan Apple
Yuswardi A. Suud Jumat, 25 September 2020 - 22:30 WIB

Cyberthreat.id - Sejumlah perusahaan yang kerap bersuara nyaring mengkritik kebijakan Apple untuk toko aplikasi App Store, bergabung membentuk sebuah koaliasi baru. Mereka yang telah bergabung dalam koalisi ini diantaranya Epic Games, Spotify, Basecamp, Match Group, Tile, Blix, dan Deezer.

Dilansir dari The Verge, Jumat (2 September 2020). koliasi yang dinamakan 'Coalition for App Fairness' ini bertujuan “menciptakan arena bermain yang setara untuk bisnis aplikasi dan memberi orang kebebasan memilih di perangkat mereka. ”

Meskipun sebagian besar anggotanya telah bertengkar secara individu atau bertengkar dengan Apple terkait kebijakan App Store, koalisi ini menandai upaya yang lebih terkoordinasi bagi pengembang untuk secara resmi memprotes peraturan Apple. Dengan begitu, pengembang kecil yang tak mampu berhadapan sendirian melawan Apple, bisa turut bergabung.

Koalisi mengatakan bahwa pihaknya menyambut "perusahaan dari berbagai ukuran, dalam industri apa pun yang berkomitmen untuk melindungi pilihan konsumen, mendorong persaingan, dan menciptakan lapangan bermain yang setara untuk semua pengembang aplikasi dan game secara global".

“Kami bergabung dengan Koalisi untuk Keadilan Aplikasi untuk membela hak-hak dasar pencipta untuk membangun aplikasi dan berbisnis langsung dengan pelanggan mereka,” kata Tim Sweeney, CEO dan pendiri Epic Games dalam sebuah pernyataan yang diunggah di situs resminya.

Isu utama yang diusung adalah kutipan fee 30 persen untuk Apple dari setiap pembayaran yang dijual melalui App Store, kurangnya piliihan kompetitig lain untuk distribusi aplikasi di iOS dan klaim bahwa Apple mengutamakan aplikasinya sendiri terhadap aplikasi sejenis.

Diketahui, sejumlah perusahaan itu telah bermasalah dengan Apple. Spotify, misalnya, telah secara resmi mengajukan gugatan antimonopoli di Uni Eropa terhadap Apple atas banyak masalah tersebut.

Basecamp bentrok dengan Apple awal tahun ini, mengklaim bahwa Apple menolak untuk menyetujui pembaruan di masa mendatang untuk aplikasi email Hey-nya kecuali jika itu menjual langganan melalui toko Apple.

Tile bersaksi di Kongres bahwa Apple menggunakan platformnya untuk mengurangi kegunaan produknya di iOS. Dan tentu saja, Epic telah melancarkan perang besar-besaran atas pemotongan 30 persen Apple yang mengakibatkan game terbesar di dunia dihapus seluruhnya dari App Store.[]


Standardisasi dan Validasi Teknologi