NEWS : Anda Temukan Titik Hijau atau Oranye Menyala di iPhone iOS 14, Ini Faktanya!

Anda Temukan Titik Hijau atau Oranye Menyala di iPhone iOS 14, Ini Faktanya!

Anda Temukan Titik Hijau atau Oranye Menyala di iPhone iOS 14, Ini Faktanya!
Titik oranye di iPhone iOS 14. | Foto: Express.co.uk
Rifqi Kamiil Selasa, 22 September 2020 - 16:10 WIB

Cyberthreat.id – Jika Anda tiba-tiba melihat titik oranye atau hijau kecil muncul di layar iPhone Anda yang telah diperbarui ke iOS 14, Anda tak perlu cemas. Itu bukan gangguan pada perangkat atau ada orang yang sedang memata-matai Anda.

Itu adalah fitur baru yang ditambahkan oleh Apple ke iOS 14. Titik tersebut menunjukkan apakah suatu aplikasi telah mengakses kamera atau mikrofon Anda.

Ada banyak aplikasi, seperti aplikasi obrolan video, yang mungkin memerlukan izin untuk menggunakan kamera dan mikrofon, tetapi Apple telah menyertakan sistem lampu sehingga pengguna dapat mengawasi apa yang dilakukan semua aplikasi di latar belakang.

Setiap kali aplikasi mengakses kamera atau mikrofon iPhone Anda, sebuah titik akan muncul di bagian atas layar—di dekat pengukur kekuatan sinyal.

Titik hijau saat kamera diakses (mirip dengan LED hijau yang menyala di perangkat Mac saat kamera aktif) dan titik oranye untuk akses mikrofon.

Selain itu, jika Anda mengakses Control Center, ada pemberitahuan di bagian atas yang menunjukkan aplikasi terbaru yang telah mengakses kamera atau mikrofon. Semuanya itu berjalan otomatis dan tidak diperlukan input pengguna dan tidak ada cara untuk mematikannya, ZDNet, diakses Minggu (20 September 2020).

"Privasi adalah hak asasi manusia dan inti dari semua yang kami lakukan. Itulah mengapa dengan iOS 14, kami memberi Anda kontrol lebih besar atas data yang Anda bagikan dan lebih banyak transparansi tentang cara penggunaannya,” kata Apple seperti dikutip dari Express.co.uk, Selasa (22 September).

"Sebuah indikator muncul di bagian atas layar Anda setiap kali aplikasi menggunakan mikrofon atau kamera Anda. Dan di Pusat Kontrol, Anda dapat melihat apakah suatu aplikasi telah menggunakannya baru-baru ini."

Notifikasi tersebut cara sederhana untuk memeriksa dengan tepat apa yang terjadi pada perangkat dan itu akan membuat segalanya lebih transparan bagi pengguna iPhone.

Ini hanyalah salah satu fitur baru yang hadir di iOS 14 yang dirilis pekan lalu. (Baca: Lima Fitur Keamanan dan Privasi di iOS 14)

Redaktur: Andi Nugroho

#ios14   #apple   #iphone   #ipad

Standardisasi dan Validasi Teknologi