NEWS : Keren! iOS 14 Hadirkan Fitur Notifikasi Pelanggaran Data

Keren! iOS 14 Hadirkan Fitur Notifikasi Pelanggaran Data

Keren! iOS 14 Hadirkan Fitur Notifikasi Pelanggaran Data
iPhone | Foto: Unsplash
Tenri Gobel Minggu, 20 September 2020 - 17:00 WIB

Cyberthreat.id – Dengan dirilisnya iOS 14, Apple resmi mengenalkan fitur-fitur baru terkait keamanan dan privasi. (Baca: Lima Fitur Keamanan dan Privasi di iOS 14)

Salah satu fitur baru tersebut yakni memperingatkan pengguna ketika kata sandi yang disimpan mengalami pelanggaran data.

Fitur tersebut memberikan rekomendasi keamanan atau memberikan informasi terkait kata sandi yang Anda simpan ketika Anda menggunakan Safari, yang disebut Apple sebagai “Password Monitoring”.

Mengutip dari BleepingComputer, diakses Minggu (20 September 2020), fitur ini bisa Anda temukan di Pengaturan>Kata Sandi. Saat diakses Anda dapat melihat semua kata sandi yang disimpan atau menambahkan kata sandi baru.

Untuk menambahkan kata sandi baru agar dapat dipantau oleh fitur tersebut, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

  • Buka "Pengaturan" di iPhone yang sudah dibekali iOS 14
  • Gulir ke bawah hingga menemukan "Kata Sandi" dan pilihlah.
  • Klik ikon tambah “+” di atas kanan di samping “Edit”.
  • Tambahan kata sandi dari akun yang ingin dipantau dengan memasukkan situs webnya, nama pengguna, dan kata sandi

Di versi iOS sebelumnya, pengelola kata sandi ini akan memberitahu pengguna jika menggunakan kata sandi yang mudah ditebak dan akan meminta pengguna mengubahnya. 

Sekarang lebih dari itu, dengan iOS 14, fitur tersebut dapat mengingatkan Anda jika kata sandi masuk daftar pelanggaran data yang diketahui.

Untuk mengaktifkannya Anda bisa mengikut cara ini:

  • Buka "Pengaturan" di iPhone yang sudah dibekali iOS 14
  • Gulir ke bawah hingga menemukan "Kata Sandi" dan pilihlah.
  • Setelah itu, klik “Rekomendasi Keamanan”
  • Aktifkan “Deteksi Kata Sandi yang Diretas” dengan memencet tombol di samping tulisan.

Dengan mengaktifkannya, Apple mengklaim mereka dapat memonitor kata sandi dengan aman.

Saat melakukan pemeriksaan ini, iOS menggunakan teknik kriptografi yang kuat untuk secara teratur memeriksa derivasi kata sandi terhadap daftar kata sandi yang dilanggar “dengan cara yang aman dan pribadi yang tidak mengungkapkan informasi kata sandi Anda, bahkan kepada Apple," tulis BleepingComputer.

Rekomendasi keamanan

Jika sebuah akun yang kata sandinya Anda simpan dalam fitur “Password Monitoring” terdeteksi dibobol atau mudah ditebak, opsi “Rekomendasi Keamanan” akan muncul.

  • Jika akun Anda hanya menggunakan kata sandi yang mudah ditebak, maka di  “Rekomendasi Keamanan” itu menunjukkan ada berapa banyak akun yang bermasalah.
  • Jika terdapat tanda seru berwarna merah di “Rekomendasi Keamanan” seperti yang ditunjukkan di bawah ini, berarti Anda memiliki akun yang telah disusupi dalam beberapa cara dan perlu perhatian segera.
  • Ketika Anda mengklik “Rekomendasi Keamanan” itu, Anda akan dibawa ke halaman lain yang mencantumkan semua kata sandi Anda yang tidak aman.

Menurut BleepingComputer, fitur ini juga memberitahu langsung saat masuk ke situs web dan aplikasi dengan kredensial yang telah diretas.[]

Redaktur: Andi Nugroho


Standardisasi dan Validasi Teknologi