NEWS : Muncul Tanda Coret pada Aplikasi di Mac Anda, Ini Penyebab dan Solusinya!

Muncul Tanda Coret pada Aplikasi di Mac Anda, Ini Penyebab dan Solusinya!

Muncul Tanda Coret pada Aplikasi di Mac Anda, Ini Penyebab dan Solusinya!
Contoh aplikasi di perangkat Mac yang diberi tanda coret. | Foto-foto: Arsip How To Geek
Rifqi Kamiil Rabu, 16 September 2020 - 12:13 WIB

Cyberthreat.id – Ketika Anda memakai Mac lalu melihat beberapa ikon aplikasi diberi tanda coret di atasnya, itu berarti macOS tidak bisa menjalankan aplikasi tersebut.

Namun, bisa jadi ada beberapa penyebab. Penyebab yang paling sering terjadi adalah Anda telah memperbarui macOS dan tidak lagi kompatibel untuk mendukung untuk aplikasi 32-bit.

Ketika Anda menghadapi hal seperti, jangan panik, tapi pahami dulu masalahanya. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan, seperti dikutip dari How To Geek, diakses Rabu (16 September 2020):

Ada yang rusak pada aplikasi

Pada dasarnya sebuah ikon aplikasi yang diberi tanda coret berarti ada sesuatu yang mencegah macOS untuk menjalankan aplikasi tersebut. Terdapat beberapa alasan untuk hal ini, termasuk “paket” yang ada di aplikasi tersebut rusak atau tidak valid. Atau, aplikasi tersebut ditujukan untuk sistem operasi lain atau aplikasi tersebut tidak dipercaya dan belum diberi izin untuk dijalankan.

Dalam kasus seperti itu, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah memastikan bahwa Anda menjalankan versi terbaru dari aplikasi tersebut (periksa situs web pengembang untuk pembaruan versi). Atau, mencoba unduh ulang aplikasi tersebut dari sumber lain. Pastikan bahwa aplikasi didukung oleh sistem operasi Mac Anda.

Tidak kompatibel dengan macOS

Sejak macOS 10.15 Catalina (dirilis Oktober 2019), sistem operasi ini tidak lagi mendukung untuk menjalankan aplikasi 32-bit. Jika Anda mempunyai sebuah aplikasi 32-bit di dalam Mac engan versi Catalina atau lebih baru, Anda akan melihat tanda coret di ikon aplikasi tersebut Finder, Launchpad, dan Dock.

Jika tetap menjalankan aplikasi yang diberi tanda coret tersebut, Anda akan mendapatkan pesan peringatan bahwa aplikasi tersebut perlu diperbarui.

Apa sebenarnya arti dari “aplikasi 32-bit”? Sulit untuk menjelaskan secara singkat apa itu arti dari “aplikasi 32-bit” atau “aplikasi 64-bit” tanpa menuliskan sebuah laporan penelitian teknis. Namun, sederhananya, kedua istilah tersebut merujuk kepada berapa banyak memori (RAM) dan daya komputasi yang dapat digunakan aplikasi tersebut.

Aplikasi 64-bit dapat menggunakan lebih banyak memori secara dramatis (memungkinkan pemuatan file lebih besar) dan secara teoritis melakukan tugas-tugas yang jauh lebih kompleks dibandingkan aplikasi 32-bit.

Karena perangkat Mac mendukung aplikasi 64-bit selama lebih dari satu dekade, Apple mempertimbangkan aplikasi 32-bit sebagai aplikasi yang sudah tertinggal dan harus diperbarui. Dalam OS Catalina, Apple memutuskan untuk memperkuat isu tersebut dengan melarang sepenuhnya aplikasi 32-bit.

Apakah aplikasi yang dicoret bisa dipergunakan lagi?

Karena Apple ingin mengembangkan teknologi mereka ke depan, sepertinya Anda tidak akan mungkin untuk menjalankan perangkat lunak 32-bit, terlebih pada versi terbaru macOS.

Jadi, jika Anda dihadapkan dengan permasalahan ini, berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu:

  • Carilah pembaruan aplikasi dalam bentuk 64-bit. Jika Anda mempunyai sebuah aplikasi 32-bit yang sangat disukai/diperlukan dan sudah tidak dapat digunakan, kunjungilah situs web pengembang aplikasi tersebut untuk melihat apakah tersedia aplikasi tersebut dengan 64-bit.
  • Carilah aplikasi alternatif jika apikasi 32-bit belum mempunyai pembaruan yang disediakan pengembang, Anda dapat mencari beberapa aplikasi yang lebih baru yang mempunyai fungsi yang sama. Lebih baik Anda mencarinya di Mac App Store.
  • Gunakan perangkat Mac versi Lama. Jika Anda mempunyai perangkat Mac versi lama yang masih menjalankan OS di bawah Catalina, Anda bisa menggunakannya untuk menjalankan aplikasi 32-bit. Ingat, jangan pernah Anda perbarui, tapi konsekuensinya akan ada ancaman keamanan yang mengintai. Karena tambalan terhadap kerentanan keamanan tidak akan tersedia pada aplikasi atau OS lama—ini menjadikan perangkat anda menjadi target malware.
  • Jalankan versi OS lama di mesin virtual. Berkat adanya virtualisasi perangkat lunak, seperti Parallels Lite, dapat memungkinkan Anda untuk menjalankan macOS versi lama secara virtual di macOS versi terbaru. Dengan cara ini, Anda dapat menjalankan aplikasi 32-bit di perangkat Mac Anda. Ingat, selama Anda mempunyai mesin virtual yang mendukung.
  • Downgrade ke macOS 10.14 Mojave. Cara terakhir, jika benar-benar harus bergantung kepada aplikasi 32-bit untuk menyelesaikan pekerjaan dan tidak mempunyai perangkat Mac lainnya, Anda dapat mengunduh ulang versi macOs yang lebih lama seperti seri Mojave, OS terakhir yang mendukung aplikasi 32-bit. Namun, ini berisiko, lebih baik untuk mencadangkan data terlebih dahulu.

Redaktur: Andi Nugroho


Standardisasi dan Validasi Teknologi