HONEYNET : Agar Tak Boros Data Internet, Berikut Cara Mengontrolnya

Agar Tak Boros Data Internet, Berikut Cara Mengontrolnya

Agar Tak Boros Data Internet, Berikut Cara Mengontrolnya
Ilustrasi | Foto: freepik.com
Oktarina Paramitha Sandy Selasa, 15 September 2020 - 19:36 WIB

Cyberthreat.id – Orang-orang kini semakin familier dengan ponsel pintar (baik Android maupun iPhone). Namun, ponsel pintar juga membuat boros pengguna, terutama kuota internet.

Meski ini terlihat klise, mengecek penggunaan data internet adalah pilihan untuk tetap menjaga agar kuota tidak terpakai secara berlebihan.

Tak sedikit pula para pemakai smartphone mengetahui cara melacak dan mengontrol penggunaan data seluler. Padahal, semua perangkat memiliki seperangkat alat dasar yang dapat digunakan untuk memantau penggunaan data seluler.

Ada pula aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan pengguna mengatur peringatan dan batasan penggunaan untuk membantu menghindari penggunaan data seluler yang berlebihan.

Dikutip dari How To Geek, diakses Selasa (15 September 2020), berikut ini cara mengatur dan mengontrol penggunaan data seluler, terutama di ponsel pintar Android.

Pertama, bukalah ponsel atau tablet Android Anda dan carilah “Settings”

Kedua, setelah membuka “Settings, pilih "Data Usage” biasanya nama pengaturan ini bervariasi bergantung depan perangkat tapi sebagian besar sama. Pada Samsung Galaxy, caranya adalah Connections>Data Usage>Mobile Data.

Ketiga, selanjutnya pilih "Network & Internet” di atas menu “Settings”

Keempat, setelah itu ponsel akan menampilkan berapa banyak data yang telah digunakan dalam periode satu bulan.

Untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data, pilih "App Data Usage”. Pengguna akan melihat grafik dan daftar peringkat dari aplikasi yang diurutkan berdasarkan penggunaan data. Untuk mencegah aplikasi menggunakan data seluler, ketuk di nama aplikasi tersebut.

Kemudian, matikan "Background Data” sehingga mencegah aplikasi menggunakan data seluler saat berada di latar belakang. Namun, ketika aplikasi digunakan kembali, data seluler akan terpakai.

Kelima, untuk mengontrol penggunaan data seluler yang berlebihan, pengguna dapat kembali ke pengaturan "Data Usage” dan memilih "Data Warning & Limit”, kemudian mengaktifkan "Set Data Warning”.

Selanjutnya masukkan angka batas penggunaaan data seluler yang diinginkan untuk peringatan penggunaan data seluler. Ketika mencapai batas angka yang ditulis, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan peringatan tentang penggunaan data seluler.

Keenam, jika pengguna ingin ponsel sepenuhnya menghentikan penggunaan data saat mencapai batas yang sudah ditentukam, alihkan tombol ke "Set Data Limit”.

Lalu, muncul sebuah pesan yang menjelaskan bahwa data seluler akan dimatikan ketika pengguna telah mencapai batas. Pilih "Data Limit” dan masukkan angka batasan data seluler yang diinginkan dan pilih selesai.[]

Redaktur: Andi Nugroho


Standardisasi dan Validasi Teknologi