NEWS : Ingin Dalami Keamanan Siber? Ada Kursus Online Gratis nih

Ingin Dalami Keamanan Siber? Ada Kursus Online Gratis nih

Ingin Dalami Keamanan Siber? Ada Kursus Online Gratis nih
Kursus gratis dari Cybrary
Oktarina Paramitha Sandy Senin, 10 Agustus 2020 - 14:00 WIB

Cyberthreat.id - Meningkatnya penggunaan internet selama pandemi virus corona berbanding lurus dengan ancaman keamanan di dunia siber. Itu sebabnya, keberadaan profesional di bidang keamanan siber juga kian dibutuhkan.

Menyadari hal itu, salah satu platform pengembangan karir keamanan siber online, Cybrary, meluncurkan kursus keamanan gratis.

Dikutip dari Info Security Magazine , kursus gratis dari Cybrary ini adalah gelombang kedua setelah diluncurkan pertama kali pada Juli lalu.

"Kursus gratis ini bertujuan untuk mendorong pelatihan berkelanjutan dan pengembangan resume bagi para profesional dunia maya saat ini, lulusan baru, dan mereka yang ingin beralih ke industri keamanan dan TI," ungkap juru bicara Cybrary.

Dimulai pada 1 September, durasi kursus gratis ini berkisar dari satu hingga sembilan jam. Ada pun topik yang dibahas yaitu:

  • Fundamentals of Cybersecurity Architecture
  • Cloud Architecture Foundations
  • Identifying Web Attacks Through Logs
  • DNSTwist Fundamentals
  • Penetration Testing Execution Standard (PTES)
  •  Command Line Basics
  • Physical Penetration Testing

Menurut CEO Cybrary, Ryan Corey, para pengguna baru di Cybrary akan diberikan pemahaman mengenai dasar-dasar dalam keamanan siber, mulai dari dasar-dasar command line hingga dasar arsitektur cybersecurity. Sedangkan, untuk pengguna yang sudah lebih mahir, akan diberikan pelatihan untuk melakukan penggujian penetrasi.

Bulan lalu, ada tujuh kursus gratis yang dirilis oleh Cybrary bulan lalu seperti Keamanan Jaringan Cyber, Pengenalan Ancaman Cyber Intel, Ancaman Cyber Tingkat Lanjut Intel, Dasar-dasar Pertahanan Web, Dasar Kali Linux, CCSK, dan Dasar-dasar Microsoft 365.

Menurut Corey, program gratis ini diberikan sebagai bagian dari misi Cybrary untuk memberikan kesempatan bagi pertumbuhan individu dan profesional dan sesuatu yang menjadi lebih penting dalam lanskap ketenagakerjaan yang menantang yang saat ini. Cybrary berharap penawaran kursus gratis ini mendorong dan memberdayakan individu untuk memperluas rangkaian keterampilan dunia maya dan Teknologi Informasi.

"Kursus gratis tambahan ini membantu mengatasi kesenjangan keterampilan saat ini, sambil juga memberikan pengetahuan dan sumber daya yang diperlukan bagi mereka yang bekerja untuk membangun karir masa depan di bidang keamanan siber atau TI," ungkap Corey.

Cybrary berharap kursus gratis ini dapat membantu membangun dunia digital yang lebih aman dengan memberikan kesempatan belajar tersedia untuk semua orang.[]

Editor: Yuswardi A. Suud


Standardisasi dan Validasi Teknologi