NEWS : Yang Meledak Gudang Amonium Nitrat di Lebanon, Yang Trending Kok Mia Khalifa

Yang Meledak Gudang Amonium Nitrat di Lebanon, Yang Trending Kok Mia Khalifa

Yang Meledak Gudang Amonium Nitrat di Lebanon, Yang Trending Kok Mia Khalifa
Mia Khalifa
Yuswardi A. Suud Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:30 WIB

Cybertreat.id - Nama mantan artis dewasa Mia Khalifa asal Lebanon mendadak ramai dibincangkan hingga menjadi salah satu trending topic di Twitter setelah sebuah ledakan dahsyat mengguncang kawasan pelabuhan di Beirut, Lebanon, pada Selasa (4 Agustus 2020) waktu setempat.

Segera setelah ledakan yang berasal dari gudang berisi bahan peledak 2.750 ton amonium nitrat itu, Mia Khalifa lewat akun Instagram dan Twitter yang terverifikasi melempar tudingan bahwa ledakan itu adalah ulah kelompok Hizbullah, sebuah organisasi paramiliter dari kelompok Syiah yang berbasis di Lebanon.

Sembari melampirkan sebuah video yang memperlihatkan detik-detik terjadinya ledakan, Mia Khalifa memberi pengantar yang meragukan ledakan itu disebabkan oleh adanya kembang api.

"Kembang api"?!!!!! Siapa yang lebih memalukan di mata tuhan, aku atau hezbollah (Hizbullah)?

Anda menjijikkan dan orang-orang Libanon pantas mendapatkan yang lebih baik," tulis Mia di Twitter hari ini, Rabu (5 Agustus 2020).

Dalam versi lebih panjang di Instagram, Mia menulis:

"Bukan Hizbullah yang berbohong kepada orang-orang Lebanon tentang menyembunyikan bahan peledak di tanah kami, dengan mengatakan ledakan ini disebabkan oleh kembang api. Kembang api?! Izinkan saya mengatakan ini sekali dan mengatakannya dengan jelas: Anda adalah aib dan rakyat Lebanon pantas mendapatkan yang lebih baik.

Anda tidak akan pernah bertemu Allah karena mata tuhan akan melihat siapa Anda sebenarnya, dan tidak ada jenis kelamin yang dapat dimiliki seorang wanita yang melebihi kekejaman, penderitaan, dan kejahatan yang Anda lakukan pada orang-orang Lebanon. Ada tautan di bio saya untuk cara membantu."

Unggahannya itu segera menuai kontroversi.

Netizen di Indonesia juga tak ketinggalan mengomentarinya.

"Lagi berduka begini,tiba2 trendingnya mia khalifa, netizen berakhlak banget," tulis @pradjapradja.

"Lebanon terkena musibah, lalu kenapa anda ingatnya mia khalifa heii. Semoga cepat pulih lagi ya," cuit @aditiyaandarar1.

Dalam sejumlah unggahan berikutnya, Mia Khalifa menyerukan donasi untuk membantu para korban.


Tentang Amonium Nitrat di Gudang yang Meledak

Menurut laporan BBC,  ledakan besar itu menewaskan paling tidak 100 orang dan melukai lebih dari 4.000 lainnya, termasuk seorang wanita warga Indonesia yang bekerja sebagai buruh migran di sana.

Kepala Keamanan Umum Lebanon, Abbas Ibrahim, mengatakan "bahan berdaya ledak tinggi" hasil sitaan beberapa tahun sebelumnya disimpan dalam gudang tersebut.

Perdana Menteri Hassan Diab mengatakan adanya 2.750 ton amonium nitrat - bahan untuk pupuk dan peledak - disimpan di gudang "tidak dapat diterima."

"Saya tidak akan diam sampai kita menemukan orang yang bertanggung jawab atas apa yang terjadi, sehingga kita dapat meminta pertanggungjawaban dan menerapkan hukuman paling berat," kata perdana menteri dalam akun Twitter resminya.

"Tidak dapat diterima ada 2.750 amonium nitrat disimpan di gudang selama enam tahun, tanpa adanya langkah pengamanan sehingga membahayakan keselamatan warga."[] 


Standardisasi dan Validasi Teknologi