NEWS : BlackBerry Kenalkan Alat Open-source untuk Teliti Malware

BlackBerry Kenalkan Alat Open-source untuk Teliti Malware

BlackBerry Kenalkan Alat Open-source untuk Teliti Malware
Ilustrasi | Foto: freepik.com
Oktarina Paramitha Sandy Rabu, 05 Agustus 2020 - 14:20 WIB

Cyberthreat.id – BlackBerry baru-baru ini mengenalkan alat open-source baru yang membantu komunitas keamanan siber meneliti perkakas lunak jahat (malware).

Alat yang diberi nama “PE Tree”, menurut BlackBerry,awalnya  alat gratis yang dikembangkan untuk penggunaan internal, tetapi perusahaan sekarang telah merilisnya sebagai alat tambahan bagi peneliti untuk melacak malware.

Menurut BlackBerrry, PE Tree memungkinkan para peneliti untuk melihat file portable executable (PE) dalam tampilan-pohon menggunakan pefile dan PyQt5.

“Sehingga memudahkan navigasi struktur PE, serta membuang file PE dalam memori ... ini sangat penting untuk mengidentifikasi dan menghentikan berbagai jenis malware," jelas BlackBerry.

"Lanskap ancaman keamanan siber terus berkembang dan serangan siber semakin canggih dengan potensi menyebabkan kerusakan yang lebih besar," kata

Eric Milam, Wakil Presiden Riset Operasi BlackBerry, mengatakan, ketika penjahat dunia maya meningkatkan operasionalnya, komunitas cybersecurity membutuhkan alat baru untuk mempertahankan dan melindungi organisasi.

“Kami menciptakan solusi ini untuk membantu komunitas cybersecurity dalam pertarungan ini, di mana sekarang ada lebih dari 1 miliar keping malware . Jumlah itu terus bertambah hingga 100 juta keping setiap tahun," ujar dia seperti dikutip dari SecurityWeek, diakses Rabu (5 Agustus 2020).

Dikembangkan dengan bahasa Python, PE Tree mendukung sistem Windows, Linux, dan macOS, dan dapat diinstal dan dijalankan baik sebagai aplikasi mandiri atau plugin IDAPython.[]

Redaktur: Andi Nugroho


Standardisasi dan Validasi Teknologi