Akun Roblox Diretas, Minta Penggunanya Mendukung Donald Trump

Ilustrasi | Foto: Yahoo

Cyberthreat.id - Masyarakat Amerika Serikat (AS) harus mewaspadai ancaman cyber jelang pemilihan presiden AS tahun ini. Baru-baru ini ditemukan modus hacker yang meretas profil Roblox untuk mendukung Donald Trump di Pilpres AS yang akan berlangsung November mendatang.

Pengguna game multi-player online ini banyak yang mengeluh bahwa profil mereka diretas dengan pesan:

"Minta orang tuamu untuk memilih Trump tahun ini!" dan "MAGA2020" yang merupakan singkatan dari Make America Great Again.

Ratusan juta pengguna

Roblox adalah platform game online dan sistem pembuatan game yang memungkinkan pengguna untuk memprogram game serta memainkan game yang dibuat oleh pengguna lain.

Didirikan oleh David Baszucki dan Erik Cassel pada tahun 2004, tapi baru secara resmi dirilis tahun 2006. Platform ini menjadi "tuan rumah" game yang memuat pengguna di berbagai genre, seperti game balap, permainan role-playing, simulasi dan kursus rintangan, dan dikembangkan dalam bahasa pemrograman, Lua.

Roblox gratis dimainkan oleh siapa saja, tetapi pembelian dalam game tersedia melalui mata uang virtual yang disebut "Robux". Platform ini dipasarkan untuk anak-anak berusia antara sembilan dan 14 tahun.

Hingga Agustus 2019, Roblox tercatat telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan. Dan sejauh ini Roblox menerima banyak ulasan positif dari para kritikus.

Menurut laporan, pesan dukungan di dalam game Roblox dikirim dari profil/akun yang diretas. Pesan itu dikirimkan secara berantai ke teman-teman pemegang akun yang meminta mereka untuk mendukung Trump.

Avatar yang diretas mengenakan aksesoris yang menyerupai barang yang dikenakan oleh pendukung Trump. Misalnya seperti topi merah dengan tulisan “Running of the bulls” berwarna putih, yang terlihat seperti topi "Make America Great Again" yang disukai presiden AS.

Selain itu, beberapa karakter diubah dengan mengenakan T-shirt yang menampilkan American Eagle. BBC yang melaporkan insiden peretasan akun Roblox menyatakan, hanya dalam beberapa jam lebih dari 1.000 profil di Roblox menampilkan frasa: "Minta orang tuamu untuk memilih Trump tahun ini!"

Beberapa gamer mengatakan kepada situs berita Bleeping Computer bahwa mereka masih dapat mengakses akun dan dapat mengubah profil mereka kembali.

"Seorang pendukung Trump meretas akun Roblox saya dan mengirim pesan kepada teman-teman saya untuk memilihnya," tulis seorang pemilik akun Roblox di Twitter.[]