NEWS : Demi Hemat Internet, Google Photos Tak Lagi Cadangkan Foto dari WhatsApp

Demi Hemat Internet, Google Photos Tak Lagi Cadangkan Foto dari WhatsApp

Demi Hemat Internet, Google Photos Tak Lagi Cadangkan Foto dari WhatsApp
Google Photos | Foto: Shutterstock via Business Insider
Andi Nugroho Selasa, 30 Juni 2020 - 12:33 WIB

Cyberthreat.id – Google menonaktifkan cadangan foto dan video di aplikasi Google Photos untuk folder yang dibuat oleh layanan, seperti WhatsApp, Messages, dan Kik.

Pendek kata, foto dan video yang berasal dari ketiga aplikasi tersebut tidak lagi disimpan otomatis oleh Google Photos di perangkat Android atau iOS.

Perubahan tersebut diumumkan Google, Senin (29 Juni 2020) kepada Google Photos Help Community dan pemberitahuan terpisah juga  akan diluncurkan via Google Photos.

Alasan Google menonaktifkan itu untuk menghemat penggunaan internet selama pandemi Covid-19.

“Banyak pengguna berbagi lebih banyak foto dan video selama pandemi Covid-19. Untuk menghemat sumber daya internet, cadangan & sinkronisasi telah dimatikan untuk folder perangkat yang dibuat oleh aplikasi pengiriman pesan seperti WhatsApp, Messages, dan Kik. Anda dapat mengubahnya kapan saja dalam pengaturan,” demikian tulis Google di situs webnya yang diakses Selasa (30 Juni).

Seperti diberitakan dari Android Police, daftar lengkap aplikasi yang terpengaruh tampaknya tidak tersedia, tetapi Mishaal Rahman dari XDA Developers mengatakan, aplikasi lain yang terpengaruh, seperti Facebook, WhatsApp, Twitter, Vider, LINE, Instagram, Hello, Messenger, Snapchat, dan Messages.

“Anda dapat mengaktifkan kembali pengaturan jika ingin, atau mencadangkan setiap item secara manual,” tulis Android Police.

Untuk mencadangkan kembali foto dan video dari aplikasi pesan Anda, bisa langkukan langkah berikut ini:

  • Buka Google Photos
  • Di bagian bawah, klik Library>Photos on device>View all
  • Klik folder dengan konten yang ingin Anda cadangkan.
  • Pilih foto atau video yang ingin dicadangkankan: klik back up now.[]

Standardisasi dan Validasi Teknologi