NEWS : Cara Cek Keaslian Video Viral di Media Sosial

Cara Cek Keaslian Video Viral di Media Sosial

Cara Cek Keaslian Video Viral di Media Sosial
Ilustrasi | Foto: freepik.com
Tenri Gobel Minggu, 24 Mei 2020 - 12:48 WIB

Jakarta, Cyberthreat.id – Analis Drone Emprit, Ismail Fahmi membagikan cara untuk memeriksa keaslian sumber foto atau video di media sosial.

Ismail membagikan tips itu melalui akun Twitter-nya, pada 21 Mei 2020. Alasan dia berbagi kiat-kiat itu lantaran masih banyak orang yang belum tahu cara mengecek keaslian sebuah foto atau video.

Apalagi masih marak video viral yang sebetulnya kejadiannya lama, tapi dibagikan kembali dengan tambahan keterangan seolah-olah terjadi saat ini.

“Saya ingin membangun ketahanan masyarakat bisa cek sendiri,” kata dia ketika dihubungi Cyberthreat.id pada Sabtu (23 Mei 2020).

Menurut Ismail, banyak orang mudah terpengaruh dengan sebuah video, tapi tidak bisa membuktikan karena susah. Harus diakuinya, selama ini memang cukup sulit untuk memvalidasi video, terlebih konten yang menyentuh emosi orang.

“Misalnya, Tanah Abang [di masa wabah Covid-19 ternyata] ramai. Tapi, orang yang suka ke Tanah Abang bilang bahwa itu enggak benar, tapi mereka enggak bisa membuktikan, gimana cara membuktikannya, gitu lho!” kata dia.

Berikut ini cara memeriksa keaslian video:

  • Buat file tangkapan layar (screenshot) video. Anda dapat memilih frame yang cukup unik dari video target, lalu screenshot, simpan di file atau galeri Anda. Semakin unik, semakin baik.
  • Buka situs Yandex.com
  • Anda dapat membuka situs Yandex (bisa juga Google Image search). Setelah itu, Anda dapat mengklik menu “Images”.
  • Unggah file hasil tangkapan layar tadi.
  • Untuk mengunggah hasil tangkapan layar, Anda dapat mengklik ikon “Kamera”, lalu klik “Select a file”, lalu pilih file tangkapan layar yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Pilih “Similar images”
  • Selanjutnya, Yandex.com akan menampilkan frame-frame gambar yang mirip. Pilih yang paling mirip yang Anda rasa itu sumber video yang sama. Klik salah satu image tersebut.
  • Cek sumber asli. Yandex, akan menampilkan sumber dari frame gambar yang Anda unggah. Setelah ketemu sumbernya, klik sumber tersebut, lalu periksa apakah videonya sama dengan  video yang Anda periksa. Jika tidak, ulangi langkah pertama dengan frame lainnya.
  • Selanjutnya, Anda bikin ringkasan dan bagikan hasil temuan Anda dengan membuat sebuah foto dengan memberikan perbandingan dengan pembuktian sumber asli videonya serta waktu sebenarnya video tersebut.

Dengan cara tersebut, kata Ismail, Anda bisa cek sendiri kalau ada yang membagikan video-video, apakah itu hoaks, disinformasi, atau asli.

“Jadi ketika ada orang yang ngirim-ngirim video masyarakat tenang, enggak khawatir. Eh sini gue cek deh,” tutur Ismail.[]

Redaktur: Andi Nugroho


Standardisasi dan Validasi Teknologi