NEWS : 5 Aplikasi Penyambung Silaturahmi Lebaran Online, Ada yang Bebas Kuota, lho

5 Aplikasi Penyambung Silaturahmi Lebaran Online, Ada yang Bebas Kuota, lho

5 Aplikasi Penyambung Silaturahmi Lebaran Online, Ada yang Bebas Kuota, lho
Ilustrasi: Freepik.com
Oktarina Paramitha Sandy Sabtu, 23 Mei 2020 - 17:33 WIB

Cyberthreat.id - Lebaran tahun ini menjadi berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Pemerintah melarang masyarakat untuk mudik ke kampung halaman dengan harapan bisa memutus mata rantai penularan virus corona.

Meski melarang mudik, bukan berarti pemerintah melarang masyarakat untuk bersilahturahmi. Pemerintah menyarankan masyarakat untuk melakukan silahturahmi online dengan menggunakan aplikasi video konferensi.

Agar video konferensi bersama keluarga tetap lancar dan stabil, Sekertaris Indonesia Cybersecurity Forum (ICSF), Satriyo Wibowo, menyarankan pengguna untuk menggunakan aplikasi video konferensi lokal untuk menghemat kuota dan mencegah ledakan trafik.

Selain itu, untuk mengamankan video konferensi dari bahaya serangan siber, disarankan mengirimkan undangan video konferensi hanya kepada grup tertutup (closed group).

"Kirim undangan terbatas hanya kepada closed group dan pastikan menerapkan langkah-langkah keamanannya."

Berikut ini aplikasi video konferensi yang bisa digunakan untuk silahturahmi online selama lebaran.

1. UmeetMe
UmeetMe merupakan salah satu aplikasi layanan konferensi video besutan Telkom, yang mirip fungsinya dengan Zoom. UmeetMe mengklaim jika platformnya lebih hemat badwidth dibandingkan aplikasi video konferensi lain yang memiliki fitur sama.

Untuk menggunakannya pengguna bisa mengakses melalui situs web resmi umeetme.id., atau dengan mengunduh aplikasinya melalui Playstore dan Appstore.

Selama lebaran, Telkom melalui Indihome meluncurkan program e-Sungkeman untuk pelanggan Indihome yang menggunakan layanan video conference UmeetMe, dapat bersilaturahmi dengan bebas kuota. Pelanggan IndiHome dapat menikmati Program e-Sungkeman Bebas Kuota pada H-1 hingga H+5 Lebaran melalui website e-sungkeman.umeetme.id.

2. LiteMeet
LiteMeet merupakan aplikasi video konferensi lokal yang dibuat oleh pemilik LiteBIG, M. Tesar Sandikapura, merupakan solusi dari kebutuhan kolaborasi yang terintegrasi baik untuk komunitas, organisasi dan bisnis. liteMeet Conference Call bisa digunakan di seluruh platform seperti Web, Android dan IOS.

LiteMeet menjadi salah satu aplikasi video konferensi gratis dan unlimited yang memiliki fitur sama dengan zoom, hanya saja tidak membutuhkan bandwidth yang tinggi untuk menggunakannya.

Untuk menggunakannya pengguna bisa mengakses melalui litemeet.id, atau mendownload melalui Google Playstore dan Appstore.

3. Whatsapp Messenger
WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain.

Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi internet 3G, 4G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.

Selain untuk berkirim pesan teks atau menelepon, aplikasi WhatsApp juga menyediakan fitur video call. Seiring dengan meningkatnya penggunaan layanan video call conference, WhatsApp menambah kapasitas jumlah peserta hingga bisa menampung 50 orang dalam sekali panggilan video.

Whatsapp bisa diakses oleh pengguna melalui web, dan juga di perangkat ponsel.

4.  Skype
Skype salah satu aplikasi video conference yang sudah ada sejak lama dengan fitur panggilan video dan audio, serta chatting.

Skype merupakan salah satu aplikasi yang dibuat oleh Microsoft dan sudah tersedia untuk pengguna iOS, Android, PC Windows, dan juga Mac. Selama masa pandemic covid-19 ini, pengguna Skype meningkat hingga 40 juta tiap harinya.

Skype mendukung obrolan hingga 50 orang--panggilan audio. Sedangkan untuk video jumlahnya tergantung dari jenis perangkat yang digunakan. Tak hanya itu, Skype juga memungkinkan penggunanya untuk merekam, menyimpan, dan membagikan video call, dan menambahkan teks atau subtitle secara langsung.

Skype saat ini merilis fitur Meet Now, yang memungkinkan video conference melalui web dengan penambahan fitur seperti background blurring, screen sharing, call recording, sharing file yang dapat bertahan hingga 30 hari, serta partisipan hingga 50 orang. Uniknya, semua partisipan bisa ikut serta tanpa perlu menggunakan akun Skype, serta tidak memerlukan installasi apapun karena berbasis web.

5. Line
LINE adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti telepon cerdas, tablet, dan komputer.

LINE menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain. LINE diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara.

Line baru - baru ini meningkatkan kapasitas video call menjadi 200 orang. Untuk menggunakan tinggal ketika opsi video call di ruang percakapan dan mengundang peserta yang ingin diajak berkomunikasi.[]

Editor: Yuswardi A. Suud


Standardisasi dan Validasi Teknologi