Chatbot Covid-19 Indonesia di WhatsApp Sudah Aktif Nih!

WhatsApp | Foto: freepik.com

Jakarta, Cyberthreat.id – Layanan obrolan virtual otomatis (chatbot) di aplikasi WhatsApp tentang wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia sudah aktif sejak Kamis (19 Maret 2020) malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Sebelumnya, dalam jumpa pers Kamis sore melalui live streaming di saluran YouTube Kominfo TV, pemerintah menyatakan baru akan menguji coba layanan pada hari ini, Jumat (20 Maret 2020).

Layanan chatbot tersebut bernama akun “COVID19.go.id” dengan nomor “+62 81133399000”. Dalam keterangan info kontak tertulis: “Informasi resmi pemerintah terkait pandemi Covid-19. Powered by Kemkominfo RI”. Foto profil akun bergambar Garuda Pancasila dengan latar belakang bendera Merah Putih.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate, mengatakan, layanan tersebut akun asli pemerintah agar publik mendapatkan informasi terkait wabah Covid-19. Konten-konten yang tersedia disiapkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Kementerian Kesehatan.

Layanan tersebut hasil kerja sama antara pemerintah (Kementerian Kominfo) dengan WhatsApp (Facebook) dan Telkom Group. “WhatsApp sudah berkomitmen memberikan kebijakan khusus bagi Indonesia untuk dapat menyalurkan pesan massal di WhatsApp terkait pandemi Covid-19,” ujar Menkominfo.

Johnny mengatakan, kebijakan pesan massal WhatsApp saat ini baru diberikan eksklusif kepada dua negara, yaitu Singapura dan Indonesia. Kementerian Kominfo akan menyediakan formulir bagi publik yang bersedia menerima pesan massal tersebut.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Ahmad M Ramli, mengatakan, layanan obrolan virtual tersebut dikembangkan untuk menangkal hoaks yang terus bertambah tiap hari, khususnya terkait Covid-19.

Chatbot tersebut akan memasok informasi akurat soal pandemi corona. Sebab, jumlah hoaks terus meningkat sejak pengumuman kasus pertama virus covid-19,” ujar dia. Hingga 19 Maret, Kementerian Kominfo mengidentifikasi berita palsu (hoaks) sebanyak 267 konten terkait virus corona yang tersebar di platform digital dan pesan instan.

Chatbot UNICEF

Sebelumnya, United Nations Children’s Fund (UNICEF) Indonesia juga meluncurkan layanan serupa bernama “U-Report”. Isinya juga menyangkut tentang perkembangan wabah Covid-19 di Indonesia. Pengguna WhatsApp dapat mengirim pesan ke nomor “08119004567”, lalu ketikkan kata kunci “corona”.

Setelah itu, pengguna akan menerima pesan balasan dari U-Report dan diminta untuk mengisi informasi, yaitu usia, jenis kelamin, dan domisili kota.

Pengguna tinggal membalas pesan dari U-Report dengan mengetikkan kata “A” untuk mendapatkan informasi dan “B” jika tidak ingin mendapatkan informasi lebih lanjut.

U-Report menyediakan delapan informasi seputar penyakit corona, di antaranya apa itu Covid-19, bagaimana Covid-19 tersebar, gejala seseorang jika terinfeksi Covid-19, cara-cara melindungi diri dari Covid-19, cara-cara melindungi orang lain, misinformasi terkait corona, informasi tentang masker, data terkini, dan lainnya.

Cara pakai Chatbot Covid19

Berikut cara menggunakan layanan chatbot milik pemerintah tersebut:

  • Kirimlah pesan WhatsApp seperti biasa ke nomor “+62 81133399000”. Atau, Anda bisa klik tautan berikut: https://wa.me/6281133399000 . Anda akan mendapati halaman untuk membuka aplikasi WhatsApp dan tinggal mengirim pesan.
  • Sapalah dengan kata “Halo” atau ketik “Corona”, Anda akan mendapatkan balasan seperti ini: Halo! Selamat datang di Pusat Informasi Covid-19 powered by Kemkominfo RI. Semoga kamu sehat-sehat selalu. Selain itu, Anda akan ditanya apa yang ingin diketahui tentang Covid-19, seperti di bawah ini:

  • Setelah itu, Anda tinggal pilih daftar mana yang ingin diketahui dengan mengetikkan salah satu huruf. Misal, huruf “A”, maka hasilnya akan seperti di bawah ini:

  • Untuk mengakhiri obrolan, tinggal mengetikkan kata “Selesai”, lalu Anda akan mendapatkan pesan balasan seperti berikut: