NEWS : Laman Situs Kementerian PAN RB Disusupi Hacker

Laman Situs Kementerian PAN RB Disusupi Hacker

 Laman Situs Kementerian PAN RB Disusupi Hacker
Tampilan laman situs Kementerian PAN RB setelah diretas | Tangkapan layar
Yuswardi A. Suud Jumat, 14 Februari 2020 - 17:00 WIB

Cyberthreat.id - Situs milik Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi diretas oleh hacker yang menyebut dirinya sebagai Tn-Cr4sh dari kelompok Crash System Squad.

Amatan Cyberthreat.id, pelaku peretasan tidak membobol atau merusak keseluruhan situs. Bagian yang disusupi adalah pada kanal perpustakaan dengan alamat URL http://perpus.menpan.go.id/no.html.

Berbeda dengan halaman lain yang  dilindungi dengan protokol HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure),,laman yang diretas itu menggunakan protokol HTPP. Saat diakses menggunakan peramban Firefox, pada bagian atas muncul peringatan "koneksi tidak aman."  Diduga, peretas bisa menyusup ke laman itu lantaran tidak dilindungi dengan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS) yang terdapat pada protokol HTTPS.  

Di halaman itu, pelaku peretasan meninggalkan identitasnya dan sebuah tulisan berbunyi,"No Valentine for psycho. F*ck Valentine!"

Situs defacer.id mencatat peretasan terjadi pagi tadi, Jumat (14 Februari 2020) pukul 08:06:58. Situs menpan.go.id diketahui menggunakan server Apache/2.4.17 (Win32).

Belum diperoleh keterangan lebih dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terkait peretasan dengan metode defacing ini.[]

 


Standardisasi dan Validasi Teknologi