Commonwealth Buka Suara Soal SIM Swapping Ilham Bintang
Cyberthreat.id - PT Bank Commonwealth Indonesia telah memberikan klarifikasi terkait dengan kasus pembobolan dana di rekening milik wartawan senior, Ilham Bintang dengan modus pertukaran SIM atau SIM Swapping.
SVP Corporate Communication and Financial Inclusion Commonwealth Bank, Bayu Irawan mengatakan, disaat terdapat transaksi keuangan yang melalui transaksi mobile dan internet banking sudah dilakukan dengan prosedur yang benar. Artinya sesuai dengan aturan dari Bank itu sendiri.
"Transaksi mobile dan internet banking yang disanggah telah dilakukan dengan user id dan password yang benar. Sebelum transaksi dijalankan Bank selalu mengirimkan (kode) OTP (One Time Password) untuk konfirmasi transaksi baik yang melalui mobile banking maupun internet banking sesuai dengan prosedur Bank," kata Bayu dalam siaran pers, Senin (20 Januari 2020).
Menurut Bayu, sesudah transaksi keuangan dijalankan notifikasi atau pemberitahuan melalui sms dan email akan dikirimkan, sesuai dengan prosedur Bank Commonwealth. Namun, pihaknya turut prihatin dengan kejadian yang dialami oleh Ilham Bintang selaku korban.
Sebelumya, Ilham Bintang yang juga pendiri media infotainment Cek & Ricek, terhenyak saat mengetahui bahwa saldo rekening bank miliknya di Commonwealth Bank dikuras oleh kriminal siber yang mentransfer uangnya ke sekitar 100 rekening lainnya.
Insiden itu terjadi setelah pelaku mengambil alih nomor kartu SIM dari provider Indosat yang ia pakai. Akibat yang timbul setelah terjadinya penukaran kartu SIM luar biasa besar.
"Rekening saya di Commonwealth Bank dibobol, sampai untuk menarik uang bilangan kecil saja pun tidak bisa lagi. Di Kartu Kredit BNI saya ada transaksi yang tidak saya lakukan kurun 4,5,dan 6 Januari," tulis Ilham Bintang di akun Facebook-nya, Rabu (15 Januari 2020).
Bank Commonwealth juga turut menyesalkan dengan adanya insiden yang menimpa Ilham Bintang. Untuk itu, kata Bayu, pihaknya akan membantu proses selanjutnya. Commonwealth juga telah berkomunikasi dengan Ilham Bintang sejak menerima pelaporan.
"Kami siap membantu proses atau langkah selanjutnya yang diperlukan untuk mendapatkan kejelasan atas kejadian ini. Perlu kami tambahkan bahwa sejak saat pengaduan diterima dari nasabah pada tanggal 6 Januari 2020, tim kami selalu berkomunikasi dengan bapak IB, baik melalui RM, Call Center, dan pejabat senior Bank," jelas Bayu.
Redaktur: Arif Rahman