NEWS : OTP WhatsApp Maia Estianty Dibobol, Ini Cara Amankannya

OTP WhatsApp Maia Estianty Dibobol, Ini Cara Amankannya

OTP WhatsApp Maia Estianty Dibobol, Ini Cara Amankannya
Ilustrasi
Yuswardi A. Suud Sabtu, 11 Januari 2020 - 20:00 WIB

Cyberthreat.id - Baru-baru ini penyanyi Maia Estianty mengalami hal tak mengenakkan. Akun Gopay, Tokopedia, hingga WhatsApp miliknya dibobol penjahat. Itu terjadi setelah Maia mengikuti permintaan si penipu yang memintanya melakukan panggilan telepon ke nomor *21*082178912261#. Maia tak sadar bahwa *21* adalah kode USSD Telkomsel untuk menggandakan SMS ke nomor si penipu yaitu 082178912261. Setelah kode itu ditekan, semua SMS yang seharusnya hanya masuk ke nomor telepon Maia, juga masuk ke ponsel si penipu.

Si penipu membutuhkan akses SMS itu lantaran membutuhkan kode verifikasi OTP (one time password) berupa angka-angka yang biasanya dikirimkan lewat SMS untuk bisa masuk ke akun Gojek, WhatsApp atau Tokopedia. Karena sudah mendapatkan kode OTP, si penipu bisa dengan leluasa menguasai akun-akun tersebut.

Sebenarnya, ada cara untuk mencegah si penipu menguasai akun calon korban walaupun sudah mendapatkan kode verifikasi OTP dari hasil menggandakan SMS, yaitu dengan membuat pengamanan berlapis. Namanya two-factor authentication. Pada WhatsApp disebut two-step verification atau verifikasi dua langkah. Nantinya, WhatsApp akan meminta Anda memasukkan alamat email yang nantinya akan digunakan untuk mengirimkan pemberitahuan atau mengganti password. Dengan begitu, jika password pertama seperti OTP dikuasai penipu, masih ada satu tahap pengamanan lagi yang harus didapatkan.

Pada aplikasi lain seperti Instagram dan Facebook, ada pilihan lain untuk verifikasi dua langkah ini yakni menggunakan Google Authenticator. Untuk dapat menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu mengunduh Google Authenticator di Google Play Store.

Nantinya anda tinggal memindai kode batang yang diberikan oleh aplikasi yang ingin anda amankan menggunakan Google Authenticator. Selanjutnya, ketika akun Anda bermasalah, Google Authenticator akan memberikan password baru berupa enam angka (angka ini akan berubah-ubah) yang bisa Anda gunakan untuk login.

Pada WhatsApp, jika Anda menggunakan versi Bahasa Indonesia, masuklah ke menu 'setelan', lalu masuk ke 'pengaturan akun' dan pilih 'verifikasi dua langkah.' Selanjutnya, tinggal ikuti perintah sesuai permintaan.

Setelah menggunakan verifikasi dua langkah ini, WhatsApp akan meminta Anda memasukkan kode yang telah anda buat menggunakan fitur 'verifikasi dua langkah.'

Nah, begitulah langkah-langkah mengamankan akun WhatsApp agar tak bernasib seperti Maia Estianty. Jika OTP diibaratkan sebagai kunci rumah, maka PIN verifikasi dua langkah ibarat kunci kamar yang melindungi Anda ketika pintu rumah berhasil dibobol maling.[]

Artikel terkait:
Ketika OTP Berbasis SMS Tak Lagi Sakti Lindungi Uang Kita

 


Standardisasi dan Validasi Teknologi