Rata-rata Nilai Transaksi Harbolnas 2019 Rp 319 Ribu

Ilustrasi

Cyberthreat.id - iPrice berhasil mengumpulkan data transaksi Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 11.11 alias Single Day tahun 2019 di Indonesia. Setelah dianalisis, iPrice menyimpulkan tujuh perilaku konsumen berbelanja online di Tanah Air selama satu hari tanggal 11 November 2019.

Kategori produk yang dianalisis yaitu elektronik, fashion, health and beauty, mainan anak, olahraga dan aktivitas luar ruangan, otomotif, dan perabot rumah tangga.

Pengolahan data didapat dari rekaman transaksi melalui laman iPrice yang menghubungkan 94 juta lebih produk dari 120 online merchant dengan konsumen belanja online Indonesia.

Berikut tujuh temuan yang merefleksikan perilaku konsumen ketika promosi 11.11 berlangsung:

1. Rata-rata orang Indonesia menghabiskan uang sebanyak Rp 319 ribu berdasarkan jumlah rataan nilai keranjang belanja selama periode promosi 11.11 tahun 2019.

2. Orang Indonesia rela mengeluarkan uang dua kali lipat lebih banyak saat
promosi 11.11. Melansir data Badan Pusat Statistik (BPS), pengeluaran harian rata-rata orang Indonesia sebesar Rp 157 ribu.

"Jumlah ini naik hingga 103 persen pada Singles Day karena rataan belanjanya sebesar Rp 319 ribu," tulis laporan iPrice.

3. Orang Indonesia paling banyak menghabiskan uang untuk produk elektronik selama gelaran 11.11, berturut-turut diikuti oleh produk perabot rumah tangga dan fashion.

Rataan nilai keranjang belanja produk elektronik adalah Rp 409 ribu, perabot rumah tangga Rp 203 ribu, dan fashion Rp 199 ribu. 

4. Produk-produk kamera dan foto menjadi yang terlaris dalam kategori elektronik selama gelaran 11.11 di Indonesia. Rataan nilai keranjang belanja produk kamera dan foto yakni Rp 519 ribu.

5. Orang Indonesia memanfaatkan momen 11.11 untuk membeli produk bersih-bersih rumah. Pada kategori perabot rumah tangga, produk peralatan pembersih paling banyak dibeli dengan rataan nilai keranjang Rp 230 ribu.

6. Momen promosi 11.11 dimanfaatkan juga untuk memperbagus penampilan dengan membeli tas baru. Online shopper paling banyak membeli produk tas pada kategori fashion dengan rataan nilai keranjang Rp 805 ribu.

7. Para konsumen belanja online tidak memfokuskan diri untuk belanja produk kategori otomotif. Rataan nilai keranjang belanja mereka yang membeli produk otomotif yakni Rp 104 ribu, paling rendah di antara kategori produk lain.

8. Margin rataan nilai keranjang belanja paling populer (elektronik) dan paling tidak populer (otomotif) yaitu Rp 305 ribu.