NEWS : Akun Instagram Sempat Kena Hack, Nia Dinata Enggan Gunakan WiFi Gratis  

Akun Instagram Sempat Kena Hack, Nia Dinata Enggan Gunakan WiFi Gratis  

Akun Instagram Sempat Kena Hack, Nia Dinata Enggan Gunakan WiFi Gratis  
Nia Dinata terlibat sebagai relawan Kawal Pemilu di Pemilu 2019. CYBERTHREAT.ID | ARIF RAHMAN
Arif Rahman Selasa, 02 April 2019 - 21:46 WIB

Jakarta, Cyberthreat.id - Di zaman serba canggih dan semakin maju manusia tidak bisa hidup tanpa media sosial. Kehadiran media sosial kini dianggap sebagai sebuah kebutuhan mulai dari ajang persahabatan hingga mencari penghidupan.

Bagaimana jika akun media sosial anda di hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab? Sutradara film Nia Dinata pernah merasakan akun Instagram-nya di hack hingga tidak bisa digunakan selama 48 jam. 

"Kira-kira dua bulan lalu Instagram saya tidak bisa dipakai. Selama 48 jam lebih di utak-atik tetap tidak bisa," kata Nia kepada Cyberthreat di Jakarta, Senin (2/4/2019).

Akibat pengalaman buruk tersebut Nia kini lebih berhati-hati dan menerapkan langkah preventif. Ia menggunakan akun Instagram untuk bersosialisasi dengan fans maupun rekan-rekannya. 

"Yang penting itu kita harus punya password yang susah dan serumit mungkin. Kemudian gonta-ganti password kalau bisa sebulan sekali minimal," ujarnya.

Nia juga enggan menggunakan WiFi gratis terutama yang di tempat umum. Hal seperti itu, kata dia, membuat orang beresiko mengalami kebocoran maupun pencurian data karena WiFi gratis biasanya meminta pengguna memasukkan data-data yang bersifat pribadi.

"Kalau saya lebih baik pulsa atau paket internet saya habis dan dipakai sendiri karena faktor keamanan itu mahal."

Redaktur: Arif Rahman

#media   #sosial   #Peretasan   #nia   #dinata

Standardisasi dan Validasi Teknologi