Harbolnas Alibaba di Tengah Perang Dagang AS-China
Cyberthreat.id - Konsumen China membelanjakan uang sebesar 22,63 miliar USD (Rp318,5 triliun) dalam sembilan jam pertama Festival Satu Hari Belanja Alibaba (11.11 2019). Segala barang dijual online, mulai dari barang elektronik hingga barang mewah bahkan mobil.
Jumlah itu sebenarnya menurun dibandingkan dengan tahun lalu saat 11.11 2018 mencatatkan transaksi sebesar 30,8 miliar USD (Rp433,5 triliun) pada 9 jam pertama. Festival belanja online Alibaba 11.11 adalah yang terbesar di dunia di tengah perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS) yang telah berlangsung selama 16 bulan.
Hong Kong, AS, Britania Raya, Australia, dan Jepang adalah rumah pembeli terbesar di Alibaba 11.11. Lima kota besar di China tercatat memiliki transaksi paling banyak yakni Guangdong, Zhejiang, Jiangsu, Shanghai, dan Shandong.
"Pembukaan penjualan berlangsung cepat, mencapai 10 miliar USD hanya dalam waktu kurang dari 30 menit. Jumlah itu separuh dari tahun lalu," dilansir South China Morning Post (SCMP) yang termasuk Alibaba Holding, Senin (11 November 2019).
Patut dicatat bahwa seluruh transaksi Alibaba 11.11 2019 mengacu kepada platform transaksi Alipay berikut anak perusahaannya seperti AliExpress maupun Lazada yang dihitung selama 24 jam pada 11 November 2019.
Dua pesaing Alibaba yakni JD.com dan Pinduoduo turut meluncurkan 11.11 2019 dengan strategi tersendiri. Meski demikian, Alibaba tetap dinilai paling unggul dan tengah menargetkan total transaksi sebesar 1,94 triliun USD untuk tahun ini.
Sebagai contoh, sebelum tanggal 11 November 2019, pemesanan barang elektronik dengan 64 merek, termasuk Apple, Dyson, Lancome dan L'Oreal, telah mencapai 100 juta yuan dalam pre-order. Fakta ini dimuat Alibaba di dalam situsnya.
Kemudian parfum merek Kim Kardashian, KKW Fragrance, telah dipesan sebanyak 15 ribu botol sebelum 11.11 dimulai. Kim tampil di layanan TV streaming Tmall akhir pekan lalu untuk mempromosikan parfum miliknya.
Cainiao, afiliasi logistik Alibaba, memiliki inventaris 500 juta ton barang, menyatakan siap mengirim barang ke konsumen yang berbelanja di hari 11.11. Alibaba juga mendorong teknologi dan layanannya, seperti layanan Alibaba Cloud secara maksimal.
Tahun ini Alibaba menargetkan konsumen di kota kecil dan desa bertambah. Kota seperti Guilin, Luoyang dan Sanya telah memperlihatkan keseriusan untuk menggunakan fasilitas belanja online menyamai kota yang lebih besar dan makmur seperti Xiamen dan Zhuhai.
Evolusi belanja online besar-besaran Alibaba 11.11 terus mengalami pergeseran, dimana pola konsumsi digabung dengan hiburan. Setiap tahun, Alibaba mengadakan konser akbar sehari sebelum dimulai 11.11.
Konser mengundang bintang internasional seperti Mariah Carey dan bertindak seperti Cirque du Soleil untuk tampil di depan ribuan orang. Live-streaming konser untuk jutaan pemirsa di seluruh negeri digelar. Konser tahun ini menampilkan Taylor Swift, yang tampil beberapa bulan setelah manggung di konser Prime Day untuk Amazon di AS.