NEWS : BSSN Gelar Puncak KLiKS Festival 2019 di Jakarta

BSSN Gelar Puncak KLiKS Festival 2019 di Jakarta

BSSN Gelar Puncak KLiKS Festival 2019 di Jakarta
Direktur Proteksi Ekonomi Digital BSSN Anton Setiyawan saat membuka KLiKS Festival 2019 di One Belpark Mall, Jakarta, Sabtu (9 November 2019) | Foto: Faisal Hafis/Cyberthreat.id
Faisal Hafis Sabtu, 09 November 2019 - 14:04 WIB

Cyberthreat.id - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar puncak Kampanye Literasi Keamanan Siber (KLiKS) Festival untuk sepanjang tahun 2019 di One Belpark Mall, Jakarta, Sabtu (9 November 2019).

Acara ini merupakan rangkaian KLiKS BSSN secara nasional yang sebelumnya telah diselenggarakan pada beberapa kota di Indonesia seperti Makasar, Denpasar, Surabaya, Aceh, Medan, Bandung, Manado serta kota-kota lainnya.

"KLiKS Fest 2019 mengangkat tema Cyber Security For A Safer Nation," demikian keterangan pers BSSN kepada Cyberthreat.id, Sabtu (9 November 2019).

Ratusan peserta menghadiri opening event KLiKS Fest 2019 yang dibuka Direktur Proteksi Ekonomi Digital BSSN Anton Setiyawan. Rangkaian acara mulai dari diskusi, seminar, pergelaran musik, dialog dengan peserta, literasi keamanan siber hingga hingga coding course berlangsung hingga malam hari.

"KLiKS Fest 2019 merupakan puncak acara dalam rangkaian roadshow yang dimaksudkan untuk literasi masyarakat," kata Anton Setiyawan.

"Misalnya terkait dengan mengamankan data pribadi, meningkatkan cybersecurity awareness karena data pribadi itu penting dimana potensi ancaman siber yang semakin tinggi," ujarnya.

KLiKS Festival 2019 juga mengadakan kompetisi video yang akan memperebutkan berbagai doorprize seperti smartphone dan uang tunai.

Tema yang diusung diantaranya 'Berselancar Aman di Internet, Strong Password, Cyberbullying, Etika Posting di Media Social, Hoaks, Social Engineering Attack hingga Bahaya Menggunakan Wifi Publik dengan durasi maksimal 90 detik'.

KLiKS Fest 2019 juga menampilkan booth startup asli milik anak Indonesia antara lain Nodeflux, Cubroid, Effion Creator School dan Educa Studio. Startup tersebut turut serta dalam memberikan literasi ke masyarakat terkait perkembangan digitalisasi di Indonesia.

Untuk literasi dan edukasi KLiKS Fest 2019 dimeriahkan dengan berbagai seminar, talkshow, coding course, interactive games hingga pertunjukan unik yang diangkat dari trending topic yang sedang hype di tengah masyarakat.

Beberapa narasumber yang memberikan materi KLiKS Fest 2019 seperti Direktur Proteksi Ekonomi Digital BSSN Anton Setyawan; Kepala Pusat Studi Forensik Digital Teknik Informatika UI Yudi Prayudi; Ketua Program Studi Teknik Komputer Sekolah Vokasi IPB Shelvie Nidya Neyman.


Standardisasi dan Validasi Teknologi