NEWS : Kembangkan Ekonomi Digital, Ini Tiga Fokus Kominfo

Kembangkan Ekonomi Digital, Ini Tiga Fokus Kominfo

Kembangkan Ekonomi Digital, Ini Tiga Fokus Kominfo
Semuel A Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Dirjen APTIKA) Kominfo | Foto : Cyberthreat.id/Eman Sulaeman
Eman Sulaeman Jumat, 08 November 2019 - 17:37 WIB

Jakarta,Cyberthreat.id- Potensi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia dinilai sangat besar. Masih banyak sektor yang belum digarap maksimal.

Jika sektor-sektor unggulan digarap dengan menggunakan teknologi digital yang sedang berkembang saat ini, tidak menutup kemungkinan Indonesia akan menjadi macan di bidang ekonomi digital di kawasan ASEAN.

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen APTIKA Kemkominfo) Semuel A Pangerapan mengatakan, untuk merealisaikan pertumbuhan di  bidang ekonomi digital, Kominfo  tidak hanya berperan sebagai regulator, tetapi juga sebagai fasilitator, bahkan akselerator.

“Indonesia akan menjadi energi of Asia.  Kita ingin jadi macan Asia Tenggara di bidang digital economy. Oleh karena itu, kita harus membuat terobosan-terobosan yang bisa memudahkan kita untuk berkembang di bidang ekonomi digital,” kata Semmy di JCC Senayan, Jakarta, Jumat, (8 Oktober 2019).

Semmy menuturkan, saat ini Kominfo fokus membangun infrastrukrur demi mendukung perkembangan ekonomi digital, baik dari sisi konektifitas,logistik, serta ekosistem payment system.

“Makanya pemerintah fokus pada tiga hal di atas (konektifitas,logistik,dan payment system), Dalam payment sistem baru 40% masyarakat Indonesia itu dilayani oleh perbankan. Bagaimana ini bisa terus berkembang, kita harus membentuk ekosistemnya.  Kita juga akan bagun satelit, karena konektifitas  itu tidak cukup hanya dengan kabel. Rencananya satelit, 2022 diluncurkan. Jadi di seluruh Indonesia bisa terkoneksi dengan internet,” ujar Semmy.


Standardisasi dan Validasi Teknologi