NEWS : Warung Bukalapak Kini Tersedia di Google Maps

Warung Bukalapak Kini Tersedia di Google Maps

  Warung Bukalapak Kini Tersedia di Google Maps
(Ki-ka): Vice President Online to Offline Bukalapak Rahmat Danu Andika, Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Ricky Satria, Head of Google My Business Partnership Asia Pacific Marcel In't Veen, Pemilik Warung Mitra Bukalapak Buhari, Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara, Co-Founder dan Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid | Foto : Dok. Bukalapak
Eman Sulaeman Rabu, 09 Oktober 2019 - 18:15 WIB

Jakarta,Cyberthreat.id-  Bukalapak, platform online marketplace menjalin kemitraan dengan Google. Melalui fitur Google Bisnisku, warung yang menjadi mitra Bukalapak, akan muncul pada halaman pencarian seperti Google Maps dan Penelusuran Google. Saat ini, sekitar 95.000 Warung Mitra Bukalapak yang telah mendaftarkan bisnisnya di Google Bisnisku.

“Kerjasama ini tidak hanya memudahkan pengguna internet semakin mengetahui keberadaan lokasi warung tradisional yang dapat meningkatkan volume transaksi bisnis, tetapi juga secara langsung memperkenalkan kepada para pemilik warung betapa pentingnya teknologi agar tetap bisa bersaing di pasar yang semakin kompetitif,” kata Fajrin Rasyid, Co Founder dan Presiden Bukalapak melalui siaran pers, Rabu, (9 Oktober 2019).

Fajrin menjelaskan, sebagai perusahaan teknologi yang terus berupaya meningkatkan kesejahteraan hidup para pelaku UMKM, Bukalapak melihat hal tersebut sebagai peluang untuk terus membantu Mitra Bukalapak, terutama para pemilik warung, untuk dapat memperluas jangkauan bisnisnya.

 Dia menambahkan, kini Warung Mitra Bukalapak tak perlu lagi khawatir warungnya sepi pembeli. Saat pengguna Google mengetik kebutuhan yang dicari, misalnya dengan kata ‘Warung’ atau ‘Frozen food’ di penelusuran Google, maka yang muncul pada halaman pencarian adalah Warung Mitra Bukalapak terdekat, lengkap dengan deskripsi dan lokasi agar mudah ditemukan oleh pelanggan.

“Hal ini diharapkan dapat mendorong warung agar semakin relevan dengan perkembangan teknologi terkini,” ujar Fajrin.

Marcel In’t Veen, Ketua Google My Business Partnerships untuk Asia Pacific, menambahkan,  fitur Google Bisnisku berupaya mempermudah mereka untuk memiliki etalase online dan dengan mudah dapat diakses oleh para pengguna Google saat mereka mencari kebutuhan sehari - hari.

“Saya sangat antusias begitu mengetahui bahwa para pemilik warung Mitra Bukalapak kini dapat mendaftarkan bisnis mereka pada aplikasi Mitra Bukalapak dan memiliki profil pada fitur Google Bisnisku. Melalui kerjasama ini, kami juga berkesempatan mengedukasi para pemilik warung Mitra Bukalapak akan manfaat kehadiran bisnis di mesin pencarian,” ujar Marcel.

Fajrin mengungkapakan, kedepannya, Bukalapak akan gencar mengajak seluruh pemilik warung dan mitra individu mendaftar di Google Bisnisku. Pendaftaran dapat dilakukan melalui fitur Promosi Bisnis di aplikasi Mitra Bukalapak.

“Para Mitra Bukalapak cukup mengikuti langkah sederhana dengan memberikan informasi warung seperti nama warung, alamat, foto warung atau tempat usaha, hingga waktu buka dan tutup warung,” tutur Fajrin.


Standardisasi dan Validasi Teknologi