5G, AI, Big Data akan Merevolusi Marketing Mobile
Jakarta, Cyberthreat.id - Country Manager Marketing Association (MMA), Shanti Tolani, menyebut perkembangan teknologi seperti Artificial Intelligence (AI), Big Data hingga teknologi 5G yang mulai marak bakal memberikan revolusi ke dalam dunia marketing mobile.
"Lanskap pemasaran terus berkembang dengan hadirnya teknologi 5G, AI, dan teknologi baru lainnya. Ini yang membuat lanskap pemasaran terus berubah," kata Shanti saat pengumuman MMA SMARTIES Award di Jakarta, Kamis (3 Oktober 2019).
MMA terus membantu para pemasar online untuk membangun masa depan dunia pemasaran dengan bukti-bukti ilmiah dan pengembangan jaringan melalui praktek terbaru.
Jutaan dolar diinvestasikan untuk menggelar berbagai penelitian yang dapat membantu para pemasar mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan untuk dapat bersaing di tengah lanskap pemasaran yang sangat dinamis.
"Pemasaran digital amat berperan penting bagi industri," ujarnya.
Hasil penelitian Neuroscience Cognition yang mempelajari proses kognitif dari sebuah iklan di industri mobile, mengungkapkan otak manusia hanya memerlukan waktu sekitar 400 milidetik atau satu kedipan mata untuk dapat terhubung dan bereaksi dengan iklan yang mereka lihat di perangkat mobile.
Fakta ini merupakan sebuah hal penting yang harus diketahui oleh brand, bahwa mereka harus mampu menciptakan sebuah strategi periklanan kreatif dalam waktu 15/30 detik atau bahkan 06/07 detik.
"Kini, sebuah brand harus membuat strategi awal untuk mendapatkan rekognisi dari konsumen mereka," ungkap Rohit Dadwal selaku Managing Director MMA Asia Pasifik.
Burger King keluar sebagai pemenang MMA SMARTIES Award 2019 di kategori penghargaan Brand of The Year. Google Indonesia meraih penghargaan sebagai Marketer of The Year sekaligus menyabet penghargaan untuk kategori Publisher of The Year.
Kandidat capres/cawapres nomor urut 01: Jokowi- Ma'ruf Amin dan Berakar Komunikasi memenangkan penghargaan dalam kategori Best in Show untuk kampanye mereka berjudul Creation is Prayer, Hopes and Optimism to Win Presidential Election.
Mindshare Indonesia dan Toaster berbagi penghargaan untuk kategori Agency of The Year.
MMA SMARTIES Indonesia Awards 2019 menghargai para pelaku pemasaran dan talenta kreatif berdasarkan 21 kategori yang meliputi:
1. Brand Awareness
2. Lead Generation / Direct Response / Conversions
3. Product / Services Launch
4. Promotion
5. Relationship Building / CRM
6. Social Impact / Not For Profit
7. Cross Media
8. Cross Mobile Integration
9. Mobile Gaming, Gamification & E-Sports
10. Messaging
11. Programmatic
12. Mobile Native
13. Mobile Social
14. Innovation
15. Location Based Services or Targeting
16. Mobile Video
17. Mobile Audio
18. VR/AR
19. Best use of mobile Integrated Payment Solutions / Mobile Wallet
20. Best Brand Experience in Mobile Rich Media
21. Most Engaging Mobile Creative