NEWS : Berikut Tujuh Langkah untuk Amankan iPhone 11

Berikut Tujuh Langkah untuk Amankan iPhone 11

Berikut Tujuh Langkah untuk Amankan iPhone 11
Peluncuran iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max pada Selasa (10 September 2019). | Foto: 9to5mac.com
Andi Nugroho Rabu, 11 September 2019 - 12:00 WIB

Cyberthreat.id – Apple baru saja merilis tiga produk iPhone baru (iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max), Selasa (10 September 2019). Seperti biasanya, Apple selalu menjadi magnet pecinta smartphone di dunia, bahkan sepekan sebelum peluncuran.

Desain yang elegan dengan tiga kamera sekaligus, meski smartphone Android juga lebih dulu ada, jadi bukan sesuatu yang baru, iPhone selalu diklaim memiliki kamera ponsel yang tajam. Terlebih, di versi terbaru ini ada mode malam, yang menghasilkan foto tampak bagus meski kondisi kurang cahaya.

Harga iPhone yang tak pernah ramah kantong, termurah sekitar Rp 9,8 juta tersebut, tetap saja membuat orang-orang penasaran dengan produk terbaru iPhone.

Dari segi fitur, jajaran iPhone baru tidak datang dengan sesuatu yang mengesankan. Kemungkinan besar pada 2020, iPhone akan membawa lebih banyak perubahan besar seperti iPhone 5G, kamera 3D dengan laser, dan iPhone lipat.

Sama halnya dengan ponsel-ponsel lain, iPhone tetap saja rentan terhadap serangan siber. Meski iPhone terkenal dengan sistem keamanannya, penjahat siber tak akan pernah lelah untuk bisa membobolnya. Terlebih beberapa waktu lalu, Apple juga menawarkan hadiah miliaran rupiah bagi peneliti atau pemburu bug yang bisa menemukan celah keamanan pada iPhone.


Berita Terkait:


Laporan terakhir, misalnya, temuan Tim Google Project Zero yang menemukan ada serangan malware pada pengguna iPhone dan mempengaruhi sebagian besar versi sistem operasi antara iOS 10 dan iOS 12. Serangan itu menargetkan Muslim Uighur di China. Modus yang dilakukan adalah sebuah situs web jebakan malware dan memanfaatkan kerentanan pada Safari. Namun, Apple berhasil memperbaiki kerentanan pada Februari lalu dengan merilis iOS 12.1.4.


Berita Terkait:


Lalu, bagaimana cara mengamankan iPhone 11?

iOS telah dikenal sebagai sistem operasi yang sangat aman, tulis Avira, perusahaan antivirus asal Jerman, dalam situs webnya yang diakses, Rabu (11 September 2019). Namun, tak ada salahnya kita untuk selalu berhati-hati. Avira memberikan sejumlah rekomendasi agar tetap aman menggunakan iPhone baru, berikut ini:

Terus perbarui perangkat Anda

Untuk melindungi iPhone Anda dari serangan yang tidak diinginkan, pastikan itu terbaru. Pastikan untuk menggunakan sistem operasi terbaru karena pembaruan seringkali dirancang khusus untuk menutup celah yang diretas oleh hacker untuk dieksploitasi, seperti bug, kerentanan, dan zero-day.

Gunakan jaringan wi-fi publik dengan hati-hati

Jaringan wi-fi publik bukannya tanpa risiko. Maka, sebaiknya hindari atau setidaknya kurangi mengakses internet dengan jaringan gratis tersebut. Jika memang ingin mengakses dengan wi-fi publik pakailah aplikasi VPN yang tepercaya.


Berita Terkait:


Gunakan login sidik jari

Mengapa ini penting? Sidik jari lebih sulit ditembus hacker ketimbang kode angka (PIN). Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah meletakkan jari Anda di sensor ponsel Anda atau memindai wajah Anda (misalnya ID Wajah di iPhone X). “Dan ini tidak hanya lebih mudah tetapi—setidaknya sampai taraf tertentu—lebih aman,” kata Alexander Vukcevic, Direktur Laboratorium Perlindungan & QA di Avira.

Buat kata sandi yang kuat

Kata sandi yang lemah adalah salah satu alasan utama untuk akun Anda diambil alih. Jadi, pastikan untuk selalu menggunakan kata sandi yang kuat dan beragam untuk semua layanan online Anda. Ingat juga untuk mengubah kata sandi Anda secara teratur. Jika Anda merasa itu terlalu banyak pekerjaan, Anda mungkin menipu.

Unduh hanya aplikasi resmi

Cara sederhana lain bagi peretas untuk mendapatkan akses ke telepon pintar adalah mengubah kode aplikasi terkenal tertentu dan menyembunyikan pemrograman jahat. Hanya ada satu cara untuk meminimalkan risiko infeksi ini, yaitu dengan mengunduh aplikasi yang toko asli (App Store) dan menghindari semua sumber lainnya.

Pengaturan privasi Anda

Sebagian besar aplikasi yang telah Anda instal di ponsel Anda akan menanyakan lokasi dan/atau akses ke kamera dan mikrofon Anda. Untuk beberapa aplikasi, ini sangat masuk akal tetapi, ada pula yang kurang masuk akal. Maka, teliti dulu apakah aplikasi itu memang butuh akses itu atau tidak, sebab sebuah aplikasi bisa ditanam spyware di dalamnya. Cek pengaturan privasi di buka Pengaturan>Privasi. iPhone juga memiliki opsi untuk membatasi pelacakan iklan sehingga Anda mungkin ingin memastikannya diaktifkan. Untuk melakukannya, buka Pengaturan> Privasi> Iklan.

Buat cadangan

Langkah penting lainnya adalah membuat cadangan (back up) secara rutin. Melakukannya berarti Anda masih memiliki akses ke informasi Anda–setidaknya sampai taraf tertentu–bahkan jika ponsel cerdas Anda hilang. Apple dengan mudah menawarkan iCloud yang pada dasarnya membuat cadangan  yang dapat ditransfer ke telepon baru.

Jadi, silakan beli iPhone 11 baru, jika memang sudah siap uangnya, dan ikutilah tujuh langkah sederhana di atas. Selamat mencoba!


Standardisasi dan Validasi Teknologi