LITERASI : Mendikbud Dijadwalkan Launching Literasi Digital di Natuna

Mendikbud Dijadwalkan Launching Literasi Digital di Natuna

Mendikbud Dijadwalkan Launching Literasi Digital di Natuna
Mendikbud Dijadwalkan Launching Literasi Digital di Natuna (Foto: Antara)
Yuswardi Senin, 09 September 2019 - 13:15 WIB

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan meluncurkan literasi digital di Natuna, Kepulauan Riau pada 18 September mendatang. Hal itu disampaikan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy saat berkunjung ke Makassar. 

"Nanti 18 September kita launching di Natuna, ini salah satu perangkat literasi yakni literasi digital," kata Mendikbud Muhajir disela peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) 2019 yang dipusatkan di Kota Makassar, seperti dilansir Antara, Sabtu, 7 September 2019.

Muhajir mengatakan, literasi digital itu untuk membekali warga termasuk anak-anak sebagai generasi milenial memiliki imunitas menghadapi berita-berita menyesatkan, berita negatif dan termasuk hoax, sehingga harus memiliki kemampuan untuk melakukan filterisasi.

Literasi digital, kata Muhajir, merupakan salah satu tugas pemerintah di era digital lantaran banyak informasi yang harus disaring untuk menghindari hal yang tidak diiinginkan.

"Khusus mempersiapkan generasi emas menghadapi era 4.0, kini tidak cukup dengan literasi membaca, tulis dan berhitung (Calistung) saja, tetapi ditingkatkan ke literasi yang lebih fungsional seperti literasi digital, literasi finansial atau keuangan dan literasi budaya," ujarnya.[]


Standardisasi dan Validasi Teknologi