NEWS : Penipuan BEC, Scammers Bobol US$ 1,04 Juta di Kanada

Penipuan BEC, Scammers Bobol US$ 1,04 Juta di Kanada

 Penipuan BEC, Scammers Bobol US$ 1,04 Juta di Kanada
Ilustrasi | Foto : Voipreview.org
Eman Sulaeman Selasa, 20 Agustus 2019 - 16:28 WIB

Saskatoon, Cyberthreat.id -  Seorang scammer, dilaporkan berhasil memperdayai otoritas kota Saskatoon, sebuah kota yang terletak di wilayah Kanada.

Menggunakan trik Bussiness Email Compromize (BEC), otoritas kota Saskatoon dilaporkan telah mentransfer US$ 1,04 juta kepada seseorang yang menyamar sebagai Chief Financial Officer Allan Construction, sebuah perusahaan yang dikontrak untuk rehabilitasi jembatan.

Dikutip dari BleepingComputer, Selasa, (20 Agustus 2019), melalui trik ini (BEC), pencuri mencoba membuat karyawan yang bertugas melakukan pembayaran dengan mengarahkan transfer ke akun yang dikendalikan oleh penipu.

Keberhasilan ini, dilakukan oleh penipu dengan menggunakan dokumen pembayaran yang terlihat sah, tetapi dimodifikasi untuk memasukkan rekening bank penipu. Targetnya adalah karyawan di departemen keuangan, yang menerima email yang memerintahkan mereka untuk melakukan pembayaran.

Pembayaran yang dilakukan oleh karyawan kota Saskatoon dilakukan sekitar 7 atau 8 Agustus 2019. Namun,  setelah penemuannya pada 12 Agustus 2019, pihak berwenang yang mencakup penegak hukum dan organisasi keuangan, kemudian bergerkan untuk melakukan pelacakkan.

Menurut Manager Kota, Jeff Jorgenson, sebagian besar dana telah ditelusuri ke beberapa rekening bank. Antara 10 hingga 15 bank, yang telah dibekukan berdasarkan perintah pengadilan.

“Proses pemulihan uang masih dalam tahap awal, dan kota ini hanya menerima cicilan US$ 40.000 sampai sekarang. Tidak mungkin jumlah penuh akan kembali ke kota, tetapi kami yakin  akan mendapatkan kembali sebagian besar dari itu,” kata Jorgenson.

Di sisi lain, pihak otoritas kota mulai memperketat administrasi dan mulai memperketat kontrol keamanan untuk transaksi keuangan untuk mencegah peristiwa penipuan di masa yang akan datang.

 

 

#scammers   #BEC   #hacker   #peretas   #saskatoon   #kanada   #

Standardisasi dan Validasi Teknologi