Pemilik juga Admin BreachForums 'Pompompurin' Dicokok FBI

Foto: BleepingComputer.

Cyberthreat.id – Seorang lelaki asal New York, diduga pemilik atau operator forum peretasan—lebih dikenal jual beli data—BreachForums, ditangkap oleh aparat hukum Amerika Serikat pada Rabu (15 Maret 2023).

Ia dijerat dalam sangkaan terkait penjualan perangkat akses ilegal. Dalam penangkapan tersebut, ia mengakui kepada agen FBI bahwa dirinya bernama Connor Brian FitzPatrick dan "pompompurin" adalah nama alias sebagai pemilik forum kejahatan tersebut.

"Saat saya menangkap tersangka pada 15 Maret 2023, dia menyatakan kepada saya secara substansi dan sebagian bahwa (1) namanya Conor Brian FitzPatrick; (2) dia menggunakan nama alias 'pompompurin'; dan (3) dia adalah pemilik dan administrator 'BreachForums', situsweb kebocoran data sesuai dalam pelaporan," tutur Agen khusus FBI John Longmire, dikutip dari BleepingComputer.

Meski ditangkap pada hari berikutnya, Kamis (16 Maret), ia dibebaskan dengan obligasi sebesar US$300.000 dan akan dihadapkan ke meja hijau di Distrik Timur Virginia pada 24 Maret.

Ia dibatasi pergerakannya, hanya diizinkan beraktivitas di Distrik Selatan dan Timur New York dan Distrik Timur Virginia sebatas keperluan pengadilan. Ia juga dilarang mengontak saksi, tersangka lain, atau rekan konspirator.

Penangkapan tersebut ternyata tak membuat forum tersebut tutup beroperasi. Admin lain masih memiliki akses penuh ke situsweb dan akan terus mengoperasikannya, menurut laporan BleepingComputer.

BreachForums adalah kelanjutan dari situsweb RaidForums yang disita oleh FBI pada tahun lalu. Situsweb ini termasuk forum kebocoran data terbesar dan biasa digunakan oleh peretas atau broker data untuk berjualan basis data yang dicuri.[]