Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kukuhkan Pengurus DPP WANTRII Masa Bakti 2023-2028

Pelantikan Pengurus WANTRII 2023-2028. Foto: Arsip WANTRII

Cyberthreat.id – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan dan mengukuhkan Pengurus DPP Dewan Transformasi Digital Industri Indonesia (WANTRII) masa bakti 2023-2028 pada Selasa (14 Maret 2023).

Masa kepengurusan pertama ini dipimpin oleh Fadli Hamsani sebagai Ketua Umum WANTRII, dibantu oleh Aloysius Hariatmoko sebagai Sekeretaris Jenderal dan Tedi Supardi Muslih sebagai Wakil Sekjen, serta Aditya Adiguna sebagai Bendahara Umum dan Rio Hertanto sebagai Wakil Bendum.

Dalam struktur kepengurusan WANTRII juga terbagi lagi, antara lain sebanyak tiga wakil ketua, antara lain Dany Setyo Nugroho, Alex Ludi E, dan Kemal Hadid.

Masing-masing wakil ketua akan membawahi sejumlah bidang, yaitu bidang organisasi dan keanggotaan, hukum dan humas, riset & pengembangan, kerja sama antarlembaga, literasi & numerasi, teknologi & digital, kebijakan & regulasi, serta pendidikan & pelatihan.

Ketua Umum WANTRII Fadli Hamsani mengatakan, WANTRII adalah organisasi para praktisi dan akademisi yang menjadi penggerak transformasi digital industri. Latar belakang dibentuknya organisasi adalah ingin membuat sebuah wadah resmi dalam bertukar informasi, best practice, tempat untuk bertemu para expertise, penyedia teknologi, dan menyuarakan kebutuhan dan kepentingan setiap stakeholder dalam menjalankan transformasi digital.

"Kami sadar bahwa transformasi digital tidak hanya terkait teknologi, tetapi juga sangat dibutuhkan kesiapan di sisi people dan process-nya juga," kata dia di Jakarta, Selasa (14 Maret 2023).

Ia mengatakan, WANTRII akan menjadi asosiasi pertama di Indonesia yang akan menjadi sparing partner bagi pemerintah, akademik dan pihak perusahaan swasta yang berfokus pada topik people, process, dan technology yang dibutuhkan dalam menjalankan transformasi digital industri.

"WANTRII akan berusaha untuk memberikan dampak atau benefit bagi anggotanya baik secara pribadi dalam meningkatkan jaringan, pengetahuan dan pengalaman, tapi juga perusahaan dalam mendapatkan dukungan yang dibutuhkan dalam transformasi digital yang sedang atau akan dilakuka," ujar Fadli.

Ada tiga tujuan didirikanya WANTRII, yaitu (1) mendorong dan berperan serta dalam mengembangkan dan menerapkan transformasi digital pada sektor industri. Selanjutnya, (2) berperan serta sebagai mitra strategis pemerintah dalam mensukseskan proses pembangunan nasional maupun daerah khususnya pada transformasi digital di sektor industri. Terakhir, (3), berperan serta dalam usaha-usaha berdaya dan tepat guna, menggali dan memanfaatkan sumber-sumber daya yang ada serta mengembangkan sumber daya manusia dalam mempercepat proses transformasi digital.

Selain pengukuhan pengurus DPP, acara tersebut juga sekaligus peluncuran Pidi 4.0 dan kick-off program Transformasi Industri 4.0.[]


 

Pengawas                  : DR Ing Paryanto
Ketua Umum              : Fadli Hamsani
Sekjen                        : Aloysius Hariatmoko
Wasekjen                   : Tedi Supardi Muslih
Bendahara Umum      : Aditya Adiguna
Wakil Bendum            : Rio Hertanto
Wakil Ketua I              : Danu Setyo Nugroho
Wakil Ketua II             : Alex Ludi E
Wakil Ketua III            : Kemal Hadid
Kabid Organisasi dan Keanggotaan  : Hedi Santoso
Kabid Hukum dan Humas                  : Nurlis Effendi
Kabid Riset dan Pengembangan       : Irfan Abdurrahman
Kabid Kerjasama Antar Lembaga      : Muhammad Muslikhin
Kabid Literasi dan Numerasi              : Willy Rinaldy Amin
Kabid Teknologi dan Digital                : Rizal Pamungkas
Kabid Kebijakan & Regulasi               : Budi Tjandra
Kabid Pendidikan & Pelatihan            : Virdiansyah Permana